Asman Abnur Mundur, Jokowi Belum Tunjuk Pengganti Menteri PAN-RB

Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Asman Abnur (kanan) bersama Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (kiri). - Antara
14 Agustus 2018 19:08 WIB Amanda Kusumawardhani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA — Menteri Sekretaris Kabinet (Seskab) Pramono Anung menyatakan surat pengunduran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Asman Abnur sudah diterima oleh Kementerian Sekretariat Negara. Namun, Istana belum menunjuk penggantinya.

Pramono menyebut Menteri PAN RB Asman Abnur sudah berkomunikasi dengan Menteri Sekretaris Negara pada Selasa (14/8/2018) pagi. “Tadi komunikasi dengan Pak Mensesneg yang intinya beliau legowo karena sudah tahu ini. [Surat pengunduran] saya belum baca,” katanya di Kantor Presiden, Selasa.

Menurutnya, keputusan tersebut bukanlah hal yang diambil tiba-tiba karena Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Senin (13/8/2018) memanggilnya dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno untuk membicarakan persoalan tersebut.

Berdasarkan arah koalisi pendukung Presiden Jokowi, dia mengungkapkan keputusan untuk mengganti Asman Abnur memang sudah tepat. “Dan Pak Asman dengan berbesar hati, beliau akan memenuhi itu,” terangnya.

Ketika ditanya mengenai sosok pengganti Asman, Pramono menjelaskan hal tersebut merupakan hak Presiden Jokowi. Penggantinya pun diakuinya bisa berasal dari kalangan profesional maupun partai politik.

Tanpa menyebutkan waktu yang pasti, dia meyakinkan pergantian Menteri PAN RB akan dilakukan dalam waktu dekat.

Tokopedia