Israel-Palestina Saling Serang, PBB Khawatir Perang Pecah Lagi

Kondisi Gaza saat digempur Israel (Cnn.com)
09 Agustus 2018 16:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, GAZA – Israel kembali menggempur militan Hamas di Jalur Gaza dengan serangan roket. Jet tempur Israel dikabarkan menggempur 140 lokasi sebagai balasan atas serangan 150 roket dari militan Hamas.

Dikabarkan CNN, Kamis (9/8/2018), serangan yang terjadi Rabu (8/8/2018), menewaskan sembilan warga Palestina. Menurut pasukan militer Israel (IDF), sekitar 100 roket ditembakkan ke Jalur Gaza. Awalnya melancarkan serangan ringan sebagai balasan kepada Hamas. Namun, mereka terpaksa meningkatkan serangan karena ancaman militan Hamas semakin membahayakan.

Pertempuran di Jalur Gaza yang tak kunjung berakhir membuat pejabat badan koordinasi perdamaian Timur Tengah dari Persatuan Bangsa-Bangsa (UNSCO), Nickolay Mladenov, prihatin. "Saya sangat prihatin melihat ketegangan antara Palestina dan Israel. Saya merasa krisis ini harus segera diakhiri. Kami akan terus berusaha keras untuk memperbaiki situasi tersebut. Kami harap perdamaian antara Israel dan Palestina berjalan lancar," ungkap Nickolay Mladenov.

Nickolay Mladenov khawatir banyak hal buruk yang bakal terjadi akibat meningkatnya ketegangan antara Israel dan Palestina. Dia khawatir perang bakal kembali terjadi jika aksi saling serang itu tidak dihentikan.

"Saya khawatir situasinya bakal lebih mengerikan dan merugikan orang banyak jika eskalasi ini tidak segera dihentikan. Kami takut perang akan kembali terjadi sebelum perdamaian terwujud," tegas Nickolay Mladenov.