Detik-Detik Ledakan Besar Truk Tangki Runtuhkan Jalanan Italia

Kondisi jalanan di dekat Bandara Guglielmo Marconi, Bologna, Italia, yang hancur akibat ledakan truk tangki, Selasa (7/8 - 2018). (Thesun.co.uk)
09 Agustus 2018 14:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, BOLOGNA — Kecelakaan maut di yang melibatkan truk tangki di jalanan dekat Bandara Guglielmo Marconi, Bologna, Italia, Selasa (7/8/2018), memicu ledakan besar dan meruntuhkan jalanan. Setidaknya dua orang tewas dan 70 lainnya luka-luka akibat kecelakaan yang berakhir dengan kisah tragis tersebut.

Berdasarkan rekaman kamera pengawas jalanan, tampak truk tangki itu melaju cukup cepat dan tiba-tiba menabrak sejumlah kendaraan yang ada di depannya. Tak lama kemudian, api yang muncul dari truk tangki tersebut. Tak selang begitu lama, ledakan besar meletus dan menghancurkan jalanan dan kendaraan di sekitarnya.

Dikutip Solopos.com dari Thesun.co.uk, Rabu (8/8/2018), otoritas setempat mengungkapkan ledakan tersebut dipicu dari gas propana yang diangkut truk tangki. Meski memicu ledakan besar, pengemudi truk tangki berhasil selamat dari kisah tragis itu karena mampu berlari menjauh sesaat setelah tabrakan dan memicu kobaran api.

Salah satu petugas pemadam kebakaran yang turut berupaya memadamakan kobaran api, Carlo Cardinali, mengatakan api sulit dipadamkan karena adanya gas propana dalam jumlah besar. "Ini sebenarnya seperti kecelakaan biasa, namun bahan yang sangat mudah terbakar yang diangkut truk ini menyebabkan api susah padam," ungkapnya.

Atas kecelakaan maut tersebut, polisi menutup salah satu jalan yang padat lalu lintas di Bologna tersebut. Padahal, jalanan tersebut merupakan infrastruktur penting, terlebih di musim panas ini, karena merupakan akses menuju bandara.

Menteri Infrastruktur dan Transportasi Italia, Danilo Toninelli, mengatakan pihak berwenang sedang bekerja keras agar lalu lintas kembali lancar. "Mereka sedang berupaya keras untuk memastikan lalu lintas akan kembali lancar meski kondisi jalanan rusak," katanya.