Ma'aruf Amin Cawapres Jokowi, Cak Imin: Saya Kira Mahfud MD

Ratusan santri mengikuti Nusantara Mengaji di Masjid Raya Baiturrahman Semarang. (Antara/Wisnu Adhi)
09 Agustus 2018 22:30 WIB Amanda Kusumawardhani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengklaim dirinya juga kaget ketika nama KH Ma'ruf Amin yang terpilih menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Ini betul-betul kejutan buat saya karena baru tadi saya diberitahu tetapi kan keterkejutan saya tidak terlalu kaget karena sejak awal kita semua di koalisi memberikan kewenangan sepenuhnya kepada Bapak Presiden," kata Muhaimin di Jakarta, Kamis (9/8/2018).

Tokopedia

Menurutnya, ketika Presiden Jokowi mengumumkan nama Ma'ruf Amin pada pertemuan di Pelataran, Menteng, tidak ada perdebatan sama sekali dan semua ketua umum partai politik langsung menyepakatinya. "Dan yang terpilih awalnya saya mengira juga Pak Mahfud kemudian tadi terpilih Ma'ruf Amin," ujarnya.

Hingga Kamis (9/8/2018) siang, informasi yang diterimanya adalah Mahfud MD yang akan mendampingi Presiden Jokowi berlaga di Pilpres 2019. Bahkan, dia menyebut sempat bertemu dengan Mahfud sebelum menghadiri pertemuan di Pelataran Menteng, sore harinya.

"Saya bahkan sebelum ke Istana sudah bertemu dengan Mahfud, menyatakan dukungan saya kepada Mahfud," ujarnya.

Meskipun demikian, Cak Imin, panggilan akrab Muhaimin, mengatakan keputusan memilih Ma'ruf Amin adalah opsi terbaik dan PKB sendiri terus berada di barisan terdepan untuk mendukung itu.

Muhaimin Iskandar, KH Ma'ruf Amin, dan Said Aqil Siroj. (Twitter/@AhmadYaniBS)