Ucapan Bijak Mahfud MD Melihat Pengumuman Cawapres Jokowi

Mahfud MD berceramah dalam Seminar Nasional Perspektif Hadratus Syaikh KH. M. Hasyim Asy'ari dan K.H. Ahmad Dahlan terhadap Politisasi Agama di Gedung Induk Siti Walidah, kompleks UMS, Pabelan, Sukoharjo, Sabtu (31/3 - 2018). (Solopos/M. Ferri Setiawan)
09 Agustus 2018 20:43 WIB Adib Muttaqin Asfar/ Suara.com Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Apa kabar Mahfud MD? Digadang-gadang menjadi calon wakil presiden (cawapres) pendamping Joko Widodo (Jokowi), bahkan sudah ukur baju dan akan bertemu Jokowi, mantan Ketua Mahkamah Konsitusi itu justru tidak dipilih. Jokowi dan koalisi lebih memilih KH Ma'ruf Amin sebagai cawapres.

Dilansir Suara.com, Mahfud MD bahkan sempat menunggu di Restoran Tesate yang berada dekat dengan restoran Plataran, Menteng, Jakarta Pusat, tempat pertemuan Jokowi dengan para petinggi partai Koalisi Indonesia Kerja, Kamis (9/8/2018) sore.

Tokopedia

Namun, sebelum Jokowi mengumumkan cawapres KH Ma’ruf Amin sebagai calon wakil presiden pilihannya, Mahfud bertolak pergi. Ia mengaku balik ke kantornya di Jl Kramat Raya.

“Saya mau balik ke kantor,” kata Mahfud. Sebelum kembali ke kantornya, Mahfud sempat berbincang beberapa saat melalui sambungan telepon dengan seseorang dengan mimik serius. Di Restoran Tesate itu, Mahfud sudah mengenakan kemeja putih lengan panjang seperti yang juga dikenakan oleh Jokowi sore ini.

Saat Jokowi mengumumkan KH Ma'ruf Amin sebagai cawapresnya di Plataran, Menteng, Kamis petang, rupanya Mahfud MD juga menyaksikannya lewat layar televisi.  Momen itu dituturkan oleh pemilik akun Twitter @AndiSaifulHaq.

"Di Jalan Kramat Saya berdiri disamping pak @mohmahfudmd saat menonton pengumuman oleh pak @jokowi di televisi. Air mukanya tdk berubah. Dia negarawan sejati," tulisnya.

Lalu apa reaksi Mahfud mendengar dirinya tak menjadi cawapres? "Ini yang terbaik untuk bangsa,” kata @AndiSaifulHaq menuliskan ucapan pertama Mahfud MD setelah pengumuman itu. "Sungguh dia ikhlas," kicaunya lagi.

Sebelumnya, Mahfud mengungkapkan sinyal kuat bahwa dirinya yang akhirnya dipilih Jokowi. "Menurut saya ini panggilan sejarah. Karena seperti Anda tahu, pergulatan politinya agak panjang dan agak kritis akhir-akhir ini. Pada akhirnya keputusan sangat mudah dan smoooth, dan jatuh kepada saya, dan saya anggap ini panggilan sejarah," kata Mahfud saat keluar dari rumahnya sebelum bergegas masuk mobil menuju Menteng, Jakarta Pusat, Kamis sore, yang disiarkan live oleh Metro TV.

Mahfud sendiri mengakui bahwa dirinya sudah dimintai dokumen berupa curiculum vitae (CV) dirinya kepada politikus PDIP yang juga Sekretaris Kabinet Pramono Anung. Dia juga sudah diminta stand by oleh Sekretaris Negara Pratikno untuk bersiap-siap.

Sementara itu, seusai mengumumkan cawapres bersama para Ketua Umum parpol pendukung di restoran Plataran, Jokowi langsung bertolak ke Istana Kepresidenan, Jakarta. Jokowi dikabarkan memanggil Mahfud MD ke Istana. Namun belum diketahui apa yang akan mereka bahas.

Mahfud MD saat menyaksikan pengumuman cawapres Jokowi (Twitter/@AndiSaifulHaq)