Sampaikan Duka, Jokowi Pastikan Korban Gempa Lombok Dapat Bantuan

Presiden Joko Widodo (tengah) didampingi Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (kiri) dan Menpora Imam Nahrawi memberikan keterangan terkait gempa lombok berkekuatan 7 pada skala richter (SR) seusai meninjau latihan pelatnas Pencak Silat di TMII, Jakarta, Senin (6/8/2018). (Antara-Wahyu Putro A - )
06 Agustus 2018 10:25 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Presiden Joko Widodo menyampaikan duka mendalam musibah gempa yang terjadi di Lombok, Nusa Tenggara Barat, Minggu (5/8/2018).

"Saya atas nama pribadi dan atas nama masyarakat Indonesia mengucapkan duka yang mendalam atas banyak saudara-saudara kita di NTB yang meninggal karena gempa sore hari kemarin," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah melakukan Peninjauan Kesiapan Infrastruktur Asian Games XVIII - 2018 di Venue Asian Games TMII Jakarta, Senin (6/8/2018).

Presiden Jokowi telah memerintahkan jajarannya bertindak sesegera mungkin melakukan penanganan dampak gempa. Ia memastikan para korban segera mendapatkan penanganan yang optimal, termasuk mendapatkan bantuan logistik yang dibutuhkan.

"Soal logistik tadi malam sudah meluncur ke NTB, termasuk dokter-dokter," katanya sebagaimana dilansir Antara.

Presiden ingin penanganan dilakukan secara menyeluruh, termasuk untuk pemulihan yang harus sesegera mungkin terkait karena banyaknya turis di wilayah yang terdampak gempa.

"Di dalamnya banyak turis," kata Presiden.

Ia menegaskan lebih lanjut para korban akan mendapatkan bantuan setelah dilakukan kalkulasi terkait dampak gempa yang terjadi.

Bencana alam gempa bumi terjadi pada Minggu, pukul 18.46 WIB, yang berdasarkan informasi BMKG berpusat pada koordinat 8,37 LS dan 116,48 BT, dengan magnitudo 7,0 SR, di kedalaman 15 km, berjarak 27 km timur laut Lombok Utara.