3-4 Orang Meninggal Dunia Akibat Gempa di Lombok Utara

Puing bangunan yang roboh akibat gempa di salah satu pusat perbelanjaan di Denpasar, Bali, Minggu (5/8 - 2018) akibat Gempa Lombok. (Antara/Nyoman Budiana)
05 Agustus 2018 23:11 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, LOMBOK UTARA -- Gempa berkekuatan 7 pada skala Richter (SR) yang terjadi di Lombok pada Minggu (5/8/2018) malam telah menelan korban jiwa. Meski belum ada data lengkap tentang jumlah korban, sedikitnya 3-4 orang dilaporkan meninggal dunia dalam musibah ini.

Hal itu disampaikan oleh Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar, dalam wawancara via telepon yang disiarkan live oleh Metro TV, Minggu malam, mengatakan setidaknya 3-4 orang di sekitar tempatnya berada meninggal dunia. Namun, dia belum mendapatkan informasi yang utuh tentang korban dari daerah-daerah lain di Lombok Utara.

Tokopedia

"Ada 3-4 orang yang meninggal dunia di sekitar tempat saya tadi. Informasi di tempat lain, kami belum mengetahui secara utuh di tempat-tempat lain. Malam hari ini kita fokus pengaman masyarakat, kita sudah distribusikan logistik seperti selimut, perlengkapan bayi, dan sebagainya, tapi ini gempa lagi," kata Najmul Akhyar.

Saat itu, Najmul sedang berada di Alun-alun Lombok Utara yang menjadi tempat berkumpulnya warga yang panik dan mengungsi. Mereka panik setelah mendengar adanya peringatan dini tsunami setelah gempa tersebut.

"Saya sudah berusaha sampaikan, tapi ini listrik putus semua. Semua aman, kami tempatkan di lapangan semua, kami ungsikan untuk menghindari reruntuhan. Kami memberlakukan keadaan darurat. Tadi [status darurat] kita cabut, nah ini gempa lagi. Tanggap darurat ini kita pikirkan kebutuhan utama masyarakat, sembako, tenda, matras dan sebagainya."