Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 4 Agustus 1914, Inggris Deklarasikan Perang ke Jerman

Calon tentara Inggris di London yang menunggu panggilan untuk mengikuti Perang Dunia I, 1914. (Wikimedia.org)
04 Agustus 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 4 Agustus. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 4 Agustus adalah deklarasi perang Inggris terhadap Jerman.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 4 Agustus, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

1701
Perjanjian Damai Montreal ditandatangani antara Kerajaan Prancis dan Konfederasi Haudenosaunee di Montreal, Kanada. Perjanjian itu dibuat untuk menciptakan perdamaian antara Prancis dengan Konfederasi Haudenosaunee yang terdiri atas beberapa bangsa dan suku pribumi Amerika Utara.

1704
Di masa Perang Suksesi Spanyol, Angkatan Laut Inggris dan Belanda berhasil menguasai wilayah Gibraltar dari kekuasaan Spanyol. Hingga kini, wilayah tersebut masih menjadi wilayah kekuasaan Kerajaan Inggris.

1824
Pertempuran antara pasukan Kesultanan Ottoman dan pasukan Yunani meletus di Pulau Kos, Yunani. Pertempuran itu meletus untuk memperebutkan wilayah Kos dan berakhir dengan kemenangan Yunani.

1914
Beberapa hari setelah Jerman mendeklarasikan perang terhadap Rusia dan Prancis, Inggris dengan tegas menyatakan perang dengan Jerman. Hal itu membuat Inggris bergabung dengan Rusia dan Prancis dalam melawan Jerman di Perang Dunia I. Sedangkan di hari yang sama, Amerika Serikat (AS) menyatakan netralitasnya dalam Perang Dunia I.

1915
Pasukan Jerman berhasil menguasai wilayah Warsaw, Polandia setelah mengalahkan pasukan Rusia yang berupaya mencegah upaya Jerman menguasai Warsawa. Kemenangan Jerman itu diraih melalui Serangan Gorlice–Tarnow.

1916
Kepualauan Virgin yang dikuasai Denmark dibeli Amerika Serikat (AS). Dalam pembelian itu, AS harus membayar uang senilai US$25 kepada pemerintah Denmark.

Abdurrahman Wahid alias Gus Dur. (Wikimedia.org)

1940
Abdurrahman Wahid di Jombang, Jawa Timur, Hindia Belanda atau kini Indonesia. Namanya kemudian dikenal sebagai tokoh muslim di Indonesia dan menjabat sebagai presiden ke-4 Indonesia dari 1999 hingga 2001. Pria yang akrab disapa Gus Dur itu meninggal dunia pada usia 69 tahun, 2009 silam.

1961
Barack Hussein Obama II lahir di Honolulu, Hawaii, Amerika Serikat (AS). Namanya kemudian dikenal sebagai presiden ke-44 AS. Obama menjabat sebagai presiden AS mulai 2009 sampai 2017.

Barack Hussein Obama II. (Biography.com)

1969
Di apartemen milik politikus Prancis di Paris, Prancis, Jean Sainteny, perwakilan Amerika Serikat (AS), Henry Kissinger, dan perwakilan Vietnam Utara, Xuan Thuy, melakukan perundingan perdamaian secara rahasia untuk mengakhiri Vietnam. Perundingan itu berkahir tanpa ada kesepakatan dan Perang Vietnam masih berlangsung.

1995
Pasukan Kroasia melancarkan Operasi Badai ke wilayah Bosnia dan Herzegovina di masa Perang Kemerdekaan Kroasia. Operasi tersebut berlangsung selama tiga hari dan berakhir dengan pencaplokan wilayah Bosnia dan Herzegovina seluas 10.400 km persegi oleh pasukan Kroasia.