Pesawat Jatuh Saat lepas Landas, Semua Penumpang Selamat

Kondisi pesawat Aeromexico setelah jatuh saat tengah lepas landas di bandara wilayah Durango, Meksiko, Selasa (31/7/2018). - Reuters
01 Agustus 2018 16:05 WIB R Bambang Aris Sasangka Internasional Share :

 

Solopos.com, MEXICO CITY – Sebuah pesawat penumpang Embraer 190 milik maskapai penerbangan Meksiko, Aeromexico, jatuh saat tengah lepas landas dari bandara di Negara Bagian Durango, Meksiko, Selasa (31/7/2018) waktu setempat. Akan tetapi tak ada korban jiwa dalam musibah ini, meski puluhan penumpang cedera.

Pesawat tujuan Mexico City itu dilaporkan dalam kondisi nyaris penuh dengan 103 orang di dalamnya, termasuk dua bayi dan empat awak. Pesawat jatuh lebih kurang pukul 16.00 waktu setempat atau Rabu dini hari WIB.

Salah satu penumpang, Jackeline Flores, seperti diberitakan kantor berita Reuters menyatakan pesawat itu jatuh hanya beberapa saat setelah lepas landas di tengah kondisi hujan lebat. Dia dan putrinya meloloskan diri lewat lubang di badan pesawat saat kabin pesawat sudah dipenuhi api dan asap. “Ada anak perempuan kecil yang keluar dari pesawat sambil menangis karena kakinya terbakar,” kata warga Meksiko yang tinggal di Bogota, Colombia, ini. Jackeline menyebut paspor dan dokumen penting miliknya terbakar.

“Tapi saya merasa sangat terberkati oleh Tuhan dan saya sangat bersyukur,” kata dia.

Gubernur Negara Bagian Durango, José Rosas Aispuro, mengatakan terpaan angin yang mendadak mengguncang pesawat. Setelah itu pesawat kehilangan ketinggian dan jatuh. Sayap kiri pesawat terlebih dahulu menghantam tanah dan membuat kedua mesin pesawat mati/ Pesawat lantas meluncur dan terhenti sekitar 300 meter dari landasan pacu.

Para penumpang dan awak pesawat berhasil keluar dari pesawat tepat sebelum badan pesawat dilalap api. Korban luka paling parah adalah pilot pesawat, namun dia dilaporkan dalam kondisi stabil.

Alejandro Cardoza, juru bicara badan perlindungan sipil menyatakan lebih kurang 85 orang mengalami luka ringan. Disebutkan pula 37 orang harus dirawat di rumah sakit di mana dua penumpang juga dilaporkan dalam kondisi cukup kritis.

 

 

Sumber : Reuters