Sidang Isbat Penentuan Awal Zulhijah Digelar 11 Agustus

Ilustrasi rukyat atau mengamati hilal. (Solopos/dok)
31 Juli 2018 12:30 WIB Septina Arifiani Nasional Share :

Solopos.com, SOLO – Kementerian Agama akan melaksanakan sidang isbat (penetapan) awal Zulhijah 1439 H pada 29 Zulkaidah 1439H atau bertepatan 11 Agustus 2018 mendatang. Kemenag berkewajiban melangsungkan sidang isbat sebanyak tiga kali dalam setahun, yaitu penetapan awal bulan Ramadan, Syawal, dan Zulhijah.

Penjelasan ini disampaikan oleh Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah (Urais Binsyar) Kemenag RI, Juraidi, di Jakarta. Juraidi menerangkan, sidang isbat yang dilakukan Kementerian Agama bertujuan memberikan pedoman bagi masyarakat muslim dalam menjalankan ibadah.

Tokopedia

"Pelaksanaan sidang isbat ini juga merupakan amanah Fatwa MUI Nomor 2 tahun 2004,” ujar Juraidi, Senin (30/7/2018), sebagaimana dirilis dalam situs resmi Kemenag.go.id.

Juraidi menjelaskan sidang isbat perlu dilakukan untuk menentukan awal bulan, karena pada ketiga bulan tersebut umat muslim menjalankan ibadah-ibadahnya. Penetapan awal

Ramadan misalnya, dibutuhkan untuk menentukan kapan umat muslim mulai berpuasa. Penetapan awal bulan Syawal dibutuhkan untuk menentukan umat muslim salat Idulfitri. Sedangkan untuk bulan Zulhijah, sidang isbat untuk pelaksanaan Iduladha.

"Selain itu, di bulan Zulhijah ini ada beberapa ibadah sunah yang biasa dikerjakan oleh umat muslim. Pada 9 Zulhijah, umat muslim yang melaksanakan haji melakukan wukuf di Arafah. Sementara, di Tanah Air umat muslim melaksanakan puasa sunah Arafah. Selain itu ada juga ibadah kurban yang dilakukan pada tanggal 10-13 Zulhijah," kata Juraidi.