Resmi Koalisi, SBY: Pak Prabowo Calon Presiden Kita

Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (kedua kiri) dan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kedua kanan) bertemu di kediaman Prabowo di Jakarta, Senin (30/7). - Bisnis/Jaffry Prabu Prakoso
30 Juli 2018 14:00 WIB Adib Muttaqin Asfar/ Jaffry Prabu Prakoso Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA-- Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) melakukan kunjungan balasan ke kediaman Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto. Seusai pertemuan tersebut, SBY menyatakan sinyal Partai Demokrat semakin dekat dengan koalisi Gerindra untuk mengusung Prabowo sebagai calon presiden.

"Setelah sekian hari kami bekerja, pintu itu makin lebar dan insya Allah dengan izin Allah SWT kita bisa dipertemukan untuk melakukan perubahan 5 tahun mendatang ke arah lebih baik," kata SBY dalam konferensi pers di rumah Prabowo Subianto, kawasan Kertanegara, Jakarta, Senin (30/7/2018).

Selain itu, sinyal bahwa Demokrat setuju mengusung Prabowo juga semakin jelas. SBY bahkan berupaya memperjelas bahwa dirinya memandang posisi Prabowo Subianto sebagai capres dan bukan nama lainnya.

"Kalau ada diskusi soal Pak Prabowo capres atau tidak, maka saya katakan Pak Prabowo adalah calon presiden kita," kata SBY.

Pernyataan SBY itu sekaligus menegaskan dukungan untuk Prabowo sebagai capres. Sebelumnya, maju tidaknya Prabowo sebagai capres dipertanyakan setelah pernyataannya bahwa dirinya rela tidak menjadi capres. Hal ini memancing spekulasi bahwa kursi cawapres akan diberikan untuk Anies Baswedan.

Sementara itu, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Gerindra Ahmad Muzani mengatakan dalam pertemuan antara kedua petinggi partai ini, akan dilanjutkan pembicaraan mengenai peluang koalisi. "Pada saat pembicaraan yang lalu, kami membicarakan peluang koalisi meskipun masih belum sampai kepada hal-hal yang konkret," ujarnya di rumah Prabowo, Senin.

Muzani berharap pertemuan hari ini bisa membahas arah koalisi yang lebih konkret meski belum bisa memberikan hasil. SBY tiba di rumah Prabowo tepat pukul 10.00 WIB dan langsung disambut tuan rumah. Sebelum masuk, dia sempat memberikan salam kepada wartawan.

Rencananya, presiden keenam itu juga akan bertemu dengan Ketua Umum Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman pada Senin malam. SBY dan Prabowo sebelumnya sudah bertemu pada Selasa (24/7/2018) di kediaman SBY. Ketika itu, keduanya membicarakan persiapan menghadapi Pilpres 2019.