Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 29 Juli 1900, Raja Italia Dibunuh Petani

Gambaran sosok Umberto I. (Wikimedia.org)
29 Juli 2018 00:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 29 Juli. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 29 Juli adalah dibunuhnya Raja Italaia, Umberto I, oleh seorang petani.

Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 29 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

587 SM
Pasukan Kekaisaran Babilonia pimpinan Nebuchadnezzar II menyerbu wilayah Yerusalem dan menghancurkan tempat-tempat suci di wilayah Kerajaan Yehuda. Serangan pasukan Kekaisaran Babilonia itu menjadi awal runtuhnya Kerajaan Yehuda yang sudah berdiri hampir 500 tahun.

904
Sekelompok perompak pimpinan Leo dari Tripoli menyerbu Thessaloniki, Yunani. Pasukan Kekaisaran Bizantium yang menguasai kawasan tersebut tak mampu membendung serangan perompak. Penjarahan besar-besaran pun dilakukan pasukan perompak di Thessaloniki. Selain itu, pasukan pimpinan Leo itu juga berhasil membebaskan 4.000 tawanan muslim yang ditahan di Thessaloniki.

Gambaran kemenangan pasukan Bizantium dalam Pertempuran Kleidion, 1014. (Wikimedia.org)

1014
Pasukan Kekaisaran Bizantium pimpinan Kaisar Basil II berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Bulgaria yang dipimpin Kaisar Samuel dalam Pertempuran Kleidion di Gunung Belasitsa, dekat Klyuch, Bulgaria. Sebanyak 15.000 tentara Bulgaria ditangkap dan disiksa atas perintah Kaisar Basil II. Penyiksaan 15.000 tentara itu memicu serangan jantung yang mendera Kaisar Samuel dan menyebabkannya meninggal dunia tiga bulan kemudian.

1883
Benito Amilcare Andrea Mussolini lahir Predappio, Forli, Italia. Namanya lantas dikenal luas sebagai pemimpin Italia dari 1922 hingga 1943. Pada akhir Perang Dunia II, Mussolini ditangkap tentara Sekutu dan dieksekusi mati bersama keluarganya.

1900
Raja Italia, Umberto I, dibunuh seorang petani bernama Gaetano Bresci. Bresci melakukan pembunuhan itu karena menganggap Umberto I adalah pemimpin yang tak memberikan keadilan dan kesejahteraan kepada petani. Atas perbuatannya itu, Bresci dijatuhi hukuman kerja paksa seumur hidup.

1949
Untuk kali pertama, Uni Soviet menguji bom atom. Bom atom milik Uni Soviet itu memiliki berat 21 kiloton dan memiliki bentuk hampir sama dengan Fat Man milik Amerika Serikat (AS) yang dijatuhkan di Nagasaki, Jepang pada 1945.

1967
Kapal perang milik Amerika Serikat (AS), USS Forrestal, yang ditempatkan di pantai Vietnam Utara terbakar dan menewaskan 134 orang. Peristiwa itu menjadi bencana angkatan laut paling mematikan di masa setelah Perang Dunia II.

Fernando Alonso. (Dailystar.co.uk)

1981
Fernando Alonso Diaz lahir di Oviedo, Asturias, Spanyol. Kini, ia dikenal sebagai pembalap Formula Satu yang pernah meraih dua kali gelar juara. Sepanjang kariernya, Alonso pernah menjadi juara pada musim 2005 dan musim 2006.

2003
Serangan bom mobil terjadi di dekat masjid di Kota Najaf, Irak dan menewaskan 80 orang serta melukai 100 lainnya. Salah satu korban tewas dalam serangan bom itu adalah seorang politikus Syiah terkemuka, Ayatollah Hakim.

2008
Iran dan Nigeria menandatangani kesepakatan di bidang nuklir. Iran menyatakan akan membantu Nigeria agar dapat menghasilkan listrik melalui tenaga nuklir.