Setya Novanto Mengaku Ikhlas, Ini Ekspresi Spontan Menkumham di Balik Layar

Wajah Setya Novanto di video wawancara dengan Najwa Shihab di LP Sukamiskin. (Youtube - Najwa Shihab)
28 Juli 2018 23:18 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Program Mata Najwa yang ditayangkan Trans7, Rabu (25/7/2018) malam lalu, membuka mata banyak orang tentang praktik sel mewah di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Sukamiskin, Bandung. Salah satu yang paling disorot saat itu adalah keberadaan Setya Novanto di sel yang sebenarnya bukan tempatnya dan dicurigai sebagai sel palsu.

Seperti terlihat dalam program tersebut, host Najwa Shihab memutar video-video hasil kunjungannya ke sejumlah sel narapidana kasus korupsi di LP Sukamiskin. Saat masuk ke sel yang tertera sebagai sel Setya Novanto, Najwa berdialog dengan mantan Ketua DPR dan mantan Ketua Umum Golkar tersebut. Saat itu, Setya Novanto menyebut dirinya sangat ikhlas berada di dalam sel yang jauh lebih sederhana daripada sel koruptor lainnya itu.

Tokopedia

Dalam tayangan program Mata Najwa, video wawancara dengan Setya Novanto serta sejumlah napi lain ditayangkan dengan sisipan dialog dengan Menteri Hukum dan HAM (Menkumham) Yasonna Laoly di studio. Namun, tayangan di televisi itu tak memperlihatkan reaksi langsung Menkumham dan penonton di studio saat video wawancara Setya Novanto diputar. Namun video Kejar Tayang - Mata Najwa Saat Jeda di channel Youtube Najwa Shihab menunjukkan reaksi spontan mereka saat video Setya Novanto bicara "ikhlas".

Video wawancara Setya Novanto memuat percakapan menarik. Saat itu, Najwa menanyakan apakah Setnov mendengar penangkapan Kepala LP Sukamiskin Wahid Husein oleh KPK. Setnov mengaku kaget dan akhirnya menyinggung sel Fahmi Darmawansyah yang ikut terciduk dalam OTT itu. Selnya, kata Setnov, ada di seberang selnya.

"Pernah tengok kamarnya?" tanya Najwa. "Ya namanya kita kalau bosan itu ya ke situ ngobrol," jawab Setnov.
"Kan kamarnya memang mewah ya pak," tanya Najwa lagi. "Susah itu, kita ikut-ikut [fasilitas LP] aja lah, kita dapat ini ya udah diterusin aja," jawab Setnov lagi.

Namun, pancingan Najwa dengan bertanya apakah Setnov tidak pernah bertanya ke Fahmi tentang selnya yang mewah dengan televisi dan kulkas menghasilkan jawaban menarik. "Iyaa, kadang-kadang lihat itu [sel mewah Fahmi] ya. Tapi ya kan saya lagi ikhlas betul, enggak mau macam-macam lah. Ikutin aja," kata Setnov.

Jawaban Setnov tentang "ikhlas betul" rupanya memancing gelak tawa penonton di studio. Bahkan, Yasonna yang duduk di depan sampai tertawa sambil menggeleng kepalanya. Yasonna sampai mengibaskan tangan, tertawa lebar, lalu menepuk dahi dengan tangannya.

Diberitakan Solopos.com sebelumnya, Setya Novanto sebenarnya diduga tinggal di sel nomor 2 dan 3 yang sedang dibongkar untuk dijadikan satu. Bahkan katanya, ada kabar bahwa seringkali ada mobil datang membawa barang-barang untuk mengisi sel itu.

"Mencurigakan itu pasti, ini merupakan tamparan seluruh ruang dari sejak minggu sudah dibenahi dan diangkat semua fasilitas di sana dan tidak mungkin lagi yang seperti itu. Satu orang 1 sel, tidak ada kamar kerja, itu akan diterapkan, malam ini kita cari orang yang punya kemampuan dan berintegritas," jawab Yasonna.

Belakangan, Yasonna Laoly mengungkapkan bahwa sebelum datang LP tersebut, Najwa sudah meneleponnya dan memberitahukan kecurigaan sel palsu Setnov itu. Lalu, dia mempersilakan tim Mata Najwa untuk masuk ke lokasi itu.