Deklarasi di Solo, Relawan Jokowi Bersatu Sodorkan Moeldoko Jadi Cawapres

Kelapa Staf Presiden Moeldoko (kiri) berbincang dengan Menkopolhukam Wiranto dan Kepala BIN Budi Gunawan di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/5 - 2018). (Antara / Wahyu Putro A)
28 Juli 2018 20:36 WIB Mahardini Nur Afifah Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Kelompok pendukung Joko Widodo (Jokowi) yang menamakan diri Relawan Jokowi Bersatu (RJB) mengusulkan nama Jenderal (Purn) Moeldoko sebagai calon wakil presiden (cawapres) Jokowi untuk maju dalam Pilpres 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Relawan Jokowi Bersatu, Silvia Devi Soembarto, di sela-sela rapat konsolidasi kelompok pendukungnya se-Jawa Tengah untuk Pilpres 2019 di Omah Sinten, Sabtu (29/7/2018). “Negara ini sedang terguncang menghadapi radikalisme dan intoleransi. Kami ingin Moeldoko. Beliau dari militer, memiliki disiplin tegas, namun santun,” katanya.

Tokopedia

Silvia menuturkan kelompok pendukungnya yang terbentuk sejak 10 Maret 2018 saat ini tersebar di 21 provinsi se-Indonesia dan terdiri atas 141 DPD. Pihaknya menyiapkan strategi agar calon presiden yang diusungnya bisa melenggang dua periode melalui Pilpres 2019.

“Ini kesempatan terakhir memenangkan beliau. Kami akan all out. Setelah rakernas, kami akan mengedukasi cara berorganisasi yang baik dan benar. Ketika bertemu Jokowi, tidak melulu selfie dan makan. Kami ajak rapat paripurna, pembentukan formatur, komisi, rapat kerja, dan anggaran,” bebernya.

Berkaca dari strategi pemenangan Jokowi dari Pilpres 2014, Silvia mengutarakan selain konsolidasi internal kelompoknya, pihaknya juga mengarahkan sinergi dengan kelompok relawan lain serta partai koalisi pendukung. “Saat ini ada 400-an kelompok relawan. Kami juga ajak koalisi bersama-sema melihat gerakan kami,” kata dia.