Besok, Ada Fenomena Alam Lain Selain Gerhana Bulan

Proses gerhana bulan total dilihat dari Indramayu, Jawa Barat, Sabtu (4/4 - 2015). (Antara/Dedhez Anggara)
27 Juli 2018 08:30 WIB Muhammad Ridwan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Langit Indonesia dihiasi dengan fenomena alam gerhana bulan total dengan durasi terlama. Kepala Humas Planetarium Jakarta Eko Wahyu Wibowo mengatakan fenomena gerhana bulan pada Sabtu (28/7/2018) akan terjadi selama enam jam lebih.

“Lamanya 6 jam 13 menit, tapi kalau tertutup totalnya 1 jam 42 menit sampai 1 jam 43 menit,” ujarnya di Planetarium Jakarta pada Kamis (26/7/2018).

Tokopedia

Eko menjelaskan fenomena gerhana bulan total besok berbeda dengan fenomena gerhana supermoon yang dulu pernah terjadi.

“Gerhana sebernarnya sama, hanya kalau waktu itu kan pada posisinya terdekat supermoon, sehingga  besar. Kalau sekarang ini, posisinya jauh,” jelasnya.

Tidak perlu kecewa jika gerhana bulan  total yang pada 28 Juli tidak terlihat besar, karena dia menyebut pada saat yang sama terjadi fenomena di mana Planet Mars juga terlihat lebih terang.

“Sekarang ini bersamaan dengan Planet Mars yang terlihat cukup jelas di sampingnya, nanti iya jadi cukup terang, jadi nanti begitu gerhana itu juga terlihat sampingnya Planet Mars,” tuturnya

“Kebetulan muncul bersamaan dan posisi Mars itu besok, menurut astronomi kami paling terang sejak 2003, jadi nanti terlihat jelas bahkan lebih terang dari Jupiter,” lanjut Eko.

Sumber : Bisnis.com