Anies Tuding Kali Item Kesalahan Pendahulunya, Sandi: Jangan Saling Menyalahkan!

Petugas membersihkan sampah di Kali Item yang telah ditutup jaring di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Jumat (20/7/2018). - Antara/Hafidz Mubarak
26 Juli 2018 04:30 WIB Feni Freycinetia Fitriani Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meminta semua pihak berkoordinasi dan fokus untuk membersihkan Kali Item yang berbau di sebelah Wisma Atlet Kemayoran jelang Asian Games 2018.

"Proses yang akan kita lakukan terus ke depan. Please, jangan saling menyalahkan satu sama lain," katanya di Balai Kota, Rabu (25/7/2018).

Dia menuturkan program pembersihan Kali Sentiong tersebut sudah lama diidentifikasi dan bakal ditangani sehingga tak perlu menjadi isu saat Asian Games 2018 dimulai 18 Agustus nanti. Sandi menambahkan Kali Item menjadi tempat penampungan limbah rumah tangga maupun UKM (usaha kecil menengah).

"Betul, 150 UKM pengrajin tempe buang limbah ke Kali Item," imbuhnya. Dia menuturkan Dinas Lingkungan Hidup dan Dinas Sumber Daya Air sudah ditugaskan untuk membersihkan Kali Sentiong selama Asian Games berlangsung.

Pernyataan Sandi itu berbanding 180 derajat dengan ucapan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Pasalnya, Anies mengatakan permasalahan Kali Item yang hitam, kotor, dan bau di dekat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, sudah terjadi selama bertahun-tahun. Masalah itu disebut Anies sebagai warisan dari pemerintahan sebelumnya.

"Jika yang mengelola Jakarta dulu memperhatikan ini, kita enggak punya warisan Kali Item. Sekarang kenyataannya ada itu, sekarang kita bereskan," katanya, Selasa (24/7/2018).