Cuaca 41 Derajat Celcius di Jepang Tewaskan 80 Orang

Gelombang panas Jepang (Reuters)
25 Juli 2018 14:00 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, TOKYO – Jepang dilanda cuaca panas ekstrem  selama dua pekan terakhir. Suhu mencapai 41,1 derajat Celcius telah menewaskan 80 orang dan ribuan lainnya harus dirawat di rumah sakit.

Otoritas setempat, Selasa (24/7/2018), meminta warga Jepang tetap berada di dalam ruangan untuk menghindari cuaca panas.

Pemerintah sudah berencana mensubsidi sekolah-sekolah negeri untuk memasang pendingin ruangan dan juga memperpanjang liburan musim panas, yang dimulai pekan ini bagi sebagian siswa.

"Suhu yang sangat tinggi terus terjadi di berbagai wilayah Jepang. Sejumlah kebijakan darurat untuk melindungi siswa sekolah dan kesehatan mereka telah kami bahas," kata Kepala Sekretaris Kabinet Yashihide Suga kepada para wartawan seperti dikutip Antara dari Reuters, Selasa.

Sementara itu stasiun televisi NHK telah meminta warga lebih banyak meminum air untuk menghindari dehidrasi, menyarankan mereka untuk memulihkan kandungan garam tubuh yang hilang karena keringat, serta untuk tetap berada dalam rumah.

Pada Selasa, beberapa kota di Jepang harus bertahan dalam cuaca yang hampir mencapai 40 derajat Celsius, sementara rekor tertinggi berada di kota Kumagaya yang pada Senin mencapai 41,1 derajat Celcius.