Kebakaran Hebat di Yunani Tewaskan 20 Orang

Petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api di desa Mati, Yunani, Senin (23/7 - 2018). (Reuters/Costas Baltas)
24 Juli 2018 12:00 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, ATHENA – Setidaknya 20 orang meninggal dunia dan 100 orang lainnya terluka parah akibat kebakaran hebat yang melanda sebuah kota resort, bagian timur Yunani, Senin (23/7/2018). Saat kebakaran terjadi banyak korban terperangkap ketika mereka mencoba melarikan diri.

Kebakaran di desa Mati, sekitar 29 km sebelah timur Athena, sejauh ini dipandang terburuk di negara itu sejak kebakaran berkecamuk di semenanjung Peloponnese pada Agustus 2007, membunuh lebih 10 orang. Kebakaran pada Senin itu merupakan salah satu dari beberapa peristiwa serupa yang terjadi di Yunani di tengah-tengah badai panas.

"Mati bahkan tak lagi sebagai tempat untuk dihuni," kata seorang wanita kepada Skai TV  seperti diberitakan Antara dari Reuters, Senin.

"Saya melihat jasad-jasad, mobil-mobil hangus terbakar. Saya beruntung masih hidup,” lanjutnya.

Mati terletak di kawasan Rafina yang populer karena banyak dikunjungi turis-turis lokal, khususnya para pensiunan dan anak-anak yang berkemah saat liburan.

Juru bicara pemerintah Dimitris Tzanakopoulos mengatakan dalam pernyataan yang disiarkan televisi Selasa (24/7/2018), pagi bahwa jumlah korban meninggal mencapai 20 sementara lebih 88 orang dewasa dan 16 anak-anak luka-luka.

Seorang saksi Reuters mengatakan sebelumnya melihat sedikitnya empat orang meninggal di sebuah jalan sempit karena banyak mobil yang bergerak ke pantai terdekat. Puluhan orang berlarian ke laut karena api mendekat ke pantai, dan mereka dinaikkan ke perahu-perahu yang melintas.

Sumber : Antara