Demokrat Jatim Dukung Jokowi, SBY Bertemu Prabowo Besok

Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) dan Presiden Jokowi dalam Rapimnas Partai Demokrat di Sentul International Convention Center, Bogor, Sabtu (10/3 - 2018). (Antara/Yulius Satria Wijaya)
23 Juli 2018 18:10 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat mengeluarkan pernyataan mendukung Joko Widodo (Jokowi) sebagai calon presiden (capres) dalam Pemilu Presiden (Pilpres) 2019. Padahal, Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) baru akan bertemu Prabowo Subianto, Selasa (24/7/2018) besok.

Di mata DPD PDIP Jawa Timur, keputusan itu sangat mengejutkan. "Kami terus terang terkejut, tapi juga senang karena kinerja pemerintahan Presiden Jokowi diapresiasi positif oleh teman-teman partai lain, khususnya Demokrat Jatim," ujar Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi di Surabaya, Minggu (22/7/2018).

Berdasarkan hasil Rakorda Partai Demokrat Jatim, Sabtu (21/7/2018) di Surabaya, melalui pemungutan suara terbuka yang diikuti peserta Rakorda, Jokowi menjadi pilihan pertama sebagai calon Presiden yang dipilih. Kusnadi yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut juga tidak menyangka kader-kader Partai Demokrat Jatim menyatakan dukungan ke Jokowi karena partai berlambang segitiga mercy itu menyebut nama Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

"Bagaimana tidak terkejut? Selama ini AHY safari di Jatim dan berkeliling dari daerah satu ke daerah lainnya. Tapi, hasil pemungutan suara internal menyatakan ke Jokowi sehingga PDIP sebagai partai Pak Jokowi sangat berterima kasih," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Demokrat Jatim menyatakan Rakorda merupakan bagian dari proses internal menghadapi Pemilu 2019. Salah satu agenda rakorda adalah pemungutan suara terbuka untuk memilih dua calon, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Gasilnya diketahui 152 suara untuk Jokowi, kemudian 56 suara untuk Prabowo dan enam suara dinyatakan tidak sah.

"Hasilnya akan segera dilaporkan ke DPP oleh Ketua DPD Demokrat Jatim Soekarwo. Dalam waktu dekat ini beliau akan ke Jakarta menemui Ketua Umum Susilo Bambang Yudhoyono [SBY]," kata anggota DPRD Jatim tersebut.

Sementara itu, Sekjen Partai Demokrat Hinca Panjaitan mengatakan bahwa pertemuan antara ketua umum partainya, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dengan Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto, besok akan membahas soal capres dan cawapres.

Menurutnya, selain soal koalisi, pertemuan kedua tokoh tersebut kemungkinan membahas soal peluang AHY menjadi cawapres Prabowo. "Pasti mereka akan berbicara apa yang harus dilakukan. Yaitu berkenaan dengan pencalonan capres dan cawapres. Tetapi sama sekali belum ada kesepakatan apapun,” ujarnya, Senin (23/7/2018).

Sumber : Antara