Persiapan Asian Games 2018 Diragukan, Sandiaga Bantah Tidak Siap

Petugas membersihkan Kali Item yang ditutup kain waring atau jaring di sekitar Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta, Sabtu (21/7 - 2018). (Antara / Rivan Awal Lingga)
22 Juli 2018 20:00 WIB Regi Yanuar Widhia Dinnata Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengklaim kesiapan Asian Games 2018 telah mencapai 100%. Wakil Gubernur DKI Jakarta, Sandiaga Uno, meluruskan isu negatif terkait Asian Games 2018 yang menurut sebagian pihak masih kurang siap.

"Banyak yang skeptis bahwa venue kita enggak siap dan sebagainya. Saya pastikan 100% sudah siap," kata Sandi pekan lalu. Dia menjelaskan bahwa kesiapan Asian Games 2018 ini tidak hanya klaim sepihak Pemprov DKI. Namun, pihak pengelola venue pertandingan menyatakan hal serupa. Bahkan, tidak hanya sekadar bangunan fisik, akan tetapi, berbagai fasilitas penunjang dinyatakan siap digunakan ketika Asian Games berlangsung Agustus 2018 nanti.

Sandi mengatakan telah mendapatkan laporan dari berbagai pihak yang menilai venue baseball dan softball merupakan yang terbaik se-Asia. Selain itu, Pemprov DKI mengklaim bahwa venue pertandingan ketangkasan berkuda (equestrian) di Jakarta Equestrian Park, Jakarta Timur, dan Velodrome Rawamangun merupakan yang terbaik di dunia.

Sandi mengimbau agar warganet tidak menyebarkan isu negatif terkait Asian Games 2018. Adapun yang harus dilakukan, yakni mempromosikan demam Asian Games 2018 kepada seluruh pihak.

Seperti diketahui, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menutup Kali Sentiong atau dikenal sebagai Kali Item di belakang Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat. Kali Item ditutup menggunakan jaring berwarna hitam berbahan nilon atau bisa disebut kain waring. Hal ini pun menjadi pembicaraan warganet di media sosial.

Sementara itu, Pemprov DKI berupaya menata kondisi jalan dan trotoar agar lebih ramah kepada pejalan kaki. Salah satu fokus utama penataan ini terletak di Jl Sudirman hingga Jl MH Thamrin.

“Kita memeriksa kondisi pembangunan trotoar di sepanjang jalan Sudirman--MH Thamrin, memastikan sesuai dengan rencana bahwa pada 22 [Juli 2018] jalanan sudah lurus dan rapi," kata Anies Baswedan, Minggu (22/7/2018).

Pemprov DKI Jakarta menargetkan penataan jalan dan trotoar koridor Sudirman–-MH Thamrin sebagai fase I penataan jalan dan trotoar, selesai tepat waktu. Penataan yang dilakukan seperti memastikan permukaan jalan mulus, bersih, dan lurus.

Adapun trotoar seperti di kawasan Gelora Bung Karno, Bendungan Hilir--Dukuh Atas, Hotel Indonesia, menjelang Asian Games 2018 menjadi lebar, nyaman, dan ramah terhadap penyandang disabilitas. Selain itu, tersedia fasilitas pendukung berupa pohon, halte bus, lampu jalan, dan jalur sepeda.