Gua Keramat Pantai Watulawang Gunungkidul Diminati Buat Semedi

Suasana Pantai Watu Lawang di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Jumat (20/7 - 2018). (Harian Jogja/Herlambang Jati Kusumo)
22 Juli 2018 00:00 WIB Herlambang Jati Kusumo Nasional Share :

Solopos.com, GUNUNGKIDUL -- Pantai Watu Lawang di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Gunungkidul berawal dari cerita keramatnya Gua Watu Lawang, kini semakin dikenal banyak wisatawan.

Pantai Watu Lawang berlokasi di antara Pantai Indrayanti di sebelah Baratnya dan Pantai Pok Tunggal di sebelah timurnya. Pantai ini bisa menjadi salah satu pilihan baru wisatawan.

Salah seorang pengelola di Pantai Watu Lawang Budi mengatakan awalnya sebelum banyak orang yang mengetahui tempat tersebut, Gua yang berlokasi di sebelah barat pantai tersebut digunakan untuk ritual dan semakin ramai.

Selain itu gua yang berlokasi di Pantai Watu Lawang setiap setahun sekali saat akan masuk musim tanam digunakan warga sekitar untuk upacara Nyadran.

"Awalnya dari banyak masyarakat yang berdoa di gua itu, dan terwujud doanya, tetapi tetap kepada Tuhan ya berdoanya. Dari mulut ke mulut Gua Watu Lawang atau Pantai Watu Lawang itu semakin terkenal,"kata Budi, Jumat (20/7/2018).

Semakin banyaknya wisatawan sekitar tiga tahun terakhir, warga sekitarpun berinisiatif mengembangkan lokasi tersebut. Tempat makan, gazebo, lahan parkir dan beberapa fasilitas lainnya mulai dibangun.

Beberapa spot melihat sunset maupun sunrise juga dibuat oleh pengelola disana. Spot selfie dipinggiran pantai juga menjadi daya tarik tersendiri di Pantai Watu Lawang.

Bagi wisatawan yang ingin tinggal sejenak menikmati suasana khas pantai juga disediakan tempat camping yang cukup luas diatas ketinggian pantai.

"Banyak yang camp di sini biasanya akhir pekan, karena disini belum begitu ramai juga kan. Masih tenang, jadi enak orang mau melihat pemandangan sunset, sunrise," kata Budi.

Ia mengatakan saat ini yang masih kurang dari Watu Lawang menurut Budi, akses jalan yang masih perlu perbaikan, karena saat ini akses terbilang masih sulit baru dapat diakses motor dan mobil.

Salah satu pengunjung Hermawan mengaku merasa nyaman berkunjung ke Pantai Watu Lawang lantaran masih cukup tenang suasananya.

"Awalnya diajak teman kesini, tempatnya nyaman karena masih terbilang sepi disini. Belum banyak yang tahu sepertinya. Setiap menjelang ujian camping disini menenangkan diri," ujarnya.

Menurut Hermawan banyak yang dapat dieksplor di Pantai Watu Lawang, karena banyak spot foto yang bagus. Ia mengatakan fasilitas penunjang disana juga sudah cukup lengkap dengan adanya toilet dan tempat makan.