Tsunami Kecil Menyapu Resor Wisata di Spanyol

Kondisi wilayah Majorca yang diterjang tsunami kecil (Metro.co.uk)
19 Juli 2018 05:40 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, MAJORCA Sejumlah resor di sepanjang pantai Majorca dan Menorca, Spanyol, rusak dihantam tsunami, Senin (16/7/2018), waktu setempat. Gelombang air laut setinggi 1,5 meter menyapu daratan dan menenggelamkan hampir seluruh kawasan di Ciutadella, sebelah barat Pantai Menorca.

"Hampir seluruh wilayah di sekitar pantai Majorca dan Menorca terendam air akibat tsunami mini yang terjadi," demikian keterangan dari pihak berwenang seperti dikutip dari Daily Mail, Rabu (18/7/2018).

Sejumlah video viral di media sosial menunjukkan kondisi mengerikan yang terjadi di kawasan pantai populer di Spanyol setelah diterjang tsunami. Gelombang pasang tersebut menyapu seluruh bangunan di sekitar pantai.

Dilansir The Sun, bencana alam tersebut membuat turis di sekitar pantai panik. Mereka berlarian saat melihat air laut menuju ke daratan dan menyapu semua bangunan. Bahkan, banyak mobil yang ikut hanyut terbawa air. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa tersebut.

"Tidak ada korban jiwa dalam bencana alam ini. Tapi, sejumlah kendaraan tersapu air. Dan beberapa resor tergenang," sambung pihak berwenang.

Tsunami kecil ini biasa disebut dengan istilah rissaga oleh warga Spanyol. Gelombang air laut ini tingginya mencapai 1,8 meter dan umumnya lebih kecil dari tsunami. Bencana alam yang disebut dengan istilah meteo-tsunami atau tsunami meteorologis terjadi akibat aktivitas seismik.