Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 19 Juli 1870, Prancis Nyatakan Perang ke Prusia

Lukisan yang menggambarkan penangkapan tentara Prusia oleh pasukan Prancis di masa Perang Prancis/Prusia. (Wikimedia.org)
19 Juli 2018 00:41 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 19 Juli. Salah satu peristiwa bersejarah pada 19 Juli adalah deklarasi perang dari Prancis terhadap Prusia yang memicu Perang Prancis-Prusia.

Selain itu, ada beberapa peristiwa lain pada 19 Juli yang patut untuk dikenang. Demi mengenangnya, Solopos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 19 Juli, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

Tokopedia

711
Pertempuran Guadalete yang melibatkan pasukan Kekhalifahan Umayyah pimpinan Tariq bin Ziyad dan pasukan Kerajaan Visigothic yang dipimpin Raja Roderic meletus di dekat Sungai Guadalete, Semenanjung Iberia. Sekitar 7.000 hingga 12.000 tentara Kekhalifahan Umayyah berhasil mengalahkan pasukan Kerajaan Visigothic yang berjumlah sekitar 20.000 hingga 50.000 orang.

939
Pasukan Kekhalifahan Kordoba pimpinan Abdurrahman III dikalahkan pasukan Kerajaan Kerajaan Leon yang dipimpin Raja Ramiro III dalam Pertempuran Simancas, di Simancas, Spanyol. Pertempuran itu dipicu perebutan wilayah Douro antara dua kerajaan tersebut.

998
Pertempuran Apamea meletus di dekat Apamea, Suriah. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kekhalifahan Fatimiyah dan pasukan Kekaisaran Bizantium. Pasukan Keekhalifahan Umayyah berhasil memenangi pertempuran tersebut. Pertempuran Apamea adalah salah satu pertempuran yang terjadi pada masa Perang Arab-Bizantium yang berlangsung sejak 634 hingga 1050-an.

1870
Prancis mendeklarasikan perang terhadap Prusia. Deklarasi itu menjadi awal Perang Prancis-Prusia yang berlangsung hingga 1871.

Tentara Australia yang terlibat dalam Pertempuran Formelles, 1916. (Wikimedia.org)

1916
Pasukan Australia dan Inggris menyerang pasukan Jerman di Fromelles, Prancis dan memicu meletusnya Pertempuran Formelles. Pertempuran itu adalah rencana pasukan Australia dan Inggris untuk mengalihkan perhatian pasukan Jerman yang telah menduduki Kota Somme, Prancis. Sayangnya, usaha pasukan Australia dan Inggris itu sia-sia karena kalah dalam Pertempuran Formelles dan gagal merebut Kota Somme dari Jerman.

1940
Armada Angkatan Laut Italia dan Inggris bentrok dalam Pertempuran Tanjung Spada di sebelah barat Pulau Kreta. Dalam pertempuran itu, Inggris berhasil mengalahkan Italia. Salah satu kapal penjelajah milik Italia, Bartolomeo Colleoni, tenggelam dan menyebabkan 121 orang tewas. Sedangkan dari kubu Inggris tak ada satu pun kapal yang tenggelam.

1943
Untuk kali pertama, pasukan Sekutu mengebom Kota Roma di Italia. Pengeboman Kota Roma adalah serangan yang kontroversial karena di dalam Kota Roma ada Vatikan yang notabene adalah negara netral dan dianggap sebagai pusat umat Katolik.

Brian Harold May. (Npr.org)

1947
Brian Harold May lahir di Hampton, London, Inggris. Kini, ia dikenal sebagai gitaris yang tergabung dalam grup band legendaris, Queen. Meskipun sudah berusia 70 tahun, May masih kerap tampil di atas panggung bersama Queen.

1972
Pertempuran Mirbat terjadi di Kota Mirbat, Oman. Pertempuran itu melibatkan pasukan Kesultanan Oman dan pasukan pemberontak yang ingin menggulingkan pemerintahan Kesultanan Oman. Pertempuran yang hanya berlangsung sehari itu berhasil dimenangi pasukan Kesultanan Oman.

1991
Petinju Mike Tyson dituduh telah melakukan pemerkosaan terhadap seorang kontestan Miss Black America, Desiree Washington, di sebuah kamar hotel di Indianapolis, Indiana, Amerika Serikat (AS). Setelah menjalani persidangan hingga Februari 1992, Tyson dijatuhi hukuman enam tahun kurungan.

Kolom 3 hours ago

Kiri Zaman Kini