SBY Menderita Infeksi Ginjal, Diduga Kelelahan

Presiden Jokowi dan Jusuf Kalla menjenguk SBY, Kamis (19/7 - 2018). (Instagram @aniyudhoyono).jpg
19 Juli 2018 15:30 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie mengatakan Presiden RI keenam sekaligus Ketua Umum Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) menderita sakit infeksi ginjal.

"Sakit di ginjal katanya. Infeksi di ginjal. Karena kecapekan barang kali," ujar Aburizal seusai menjenguk SBY di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD), Jakarta, Kamis (19/7/2018) siang. Aburizal mengatakan SBY belum sembuh sepenuhnya tetapi wajahnya cerah. Dia berharap SBY cepat sembuh dan bisa segera keluar dari rumah sakit.

Tokopedia

"Beliau belum sembuh, tapi SGOT [serum glutamic pyvuric transaminase] dan SGPT [serum glutamic oxaloacetic transaminase] sudah menurun. Mudah-mudahan dalam beberapa hari ini bisa keluar lah gitu. Tapi alhamdulillah wajahnya cerah," kata Aburizal.

SBY dirawat di RSPAD sejak Selasa (17/7/2018) karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke Pacitan dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sejumlah tokoh sudah menjenguk Presiden RI keenam itu, beberapa di antaranya Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, serta Presiden ketiga RI BJ Habibie.

Sementara itu, istri SBY, Kristiani Herrawati atau Ani Yudhoyono, mengatakan kondisi suaminya yang dirawat di RSPAD Jakarta, saat ini semakin membaik. "Alhamdulillah Pak SBY semakin sehat," tulis Ani Yudhoyono dalam akun Instagram terverifikasi @aniyudhoyono, di Jakarta, Kamis.

Dalam akunnya, Ani mengunggah foto-foto pihak yang telah menjenguk SBY, di antaranya Presiden Jokowi dan Wapres Jusuf Kalla, Prabowo Subianto, Djoko Suyanto, serta Sudi Silalahi. Ani Yudhoyono mengucapkan kepada semua pihak yang memberikan perhatian dengan menjenguk SBY ke RSPAD.

"Terima kasih atas kunjungan Bapak Jokowi dan Ibu Iriana, Bapak JK dan Ibu Ida; Bapak Prabowo Subianto; Bapak Djoko Suyanto, Pak Sudi Silalahi dan para sahabat. Kehadiran dan doa dari seluruh rakyat Indonesia menambah kekuatan kami," tulis Ani.

SBY dirawat di RSPAD sejak Selasa (17/7/2018), karena kelelahan setelah melakukan kunjungan ke Pacitan dan Yogyakarta.

Sumber : Antara