Kapitra Ampera Pengacara Rizieq Jadi Caleg PDIP? Begini Jawabannya

Kapitra Ampera (Twitter - @kapitraampera)
18 Juli 2018 17:32 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Kapitra Ampera, pentolan Persaudaraan Alumni (PA) 212 sekaligus pengacara Rizieq Shihab, dikabarkan terdaftar sebagai salah satu calon legislatif (caleg) PDIP di Pemilu 2019. Namun saat dimintai konfirmasi soal itu, Kapitra tidak secara tegas menyatakan dirinya menjadi bakal caleg untuk DPR melalui PDIP.

Dalam konferensi pers di Masjid Al Ittihad, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (18/7/2018), Kapitra mengakui hanya dimintai konfirmasi PDIP untuk menjadi caleg dari daerah pemilihan Sumatera Barat. Namun, ia mengklaim tak tahu sudah didaftarkan ke KPU.

"Nah saya ingin mengatakan, saya betul mendapatkan konfirmasi [jadi caleg PDIP]. Saya dari dapil Sumbar. Tapi sampai detik ini belum mendapatkan kejelasan," kata Kapitra, dilansir Suara.com, Rabu (18/7/2018).

Ia mengakui pernah direkomendasikan masuk PDIP, tapi bukan diminta menjadi caleg. Karenanya, Kapitra memastikan bakal meminta konfirmasi dari DPP PDIP mengenai statusnya sebagai caleg.

"Saya belum pernah ketemu dengan Hasto [Kristiyanto, Sekretaris Jenderal PDIP]. Saya tegaskan, pernah direkomendasi masuk ke PDIP agar membuat warna lain di partai itu, dua bulan yang lalu, dari sahabat saya," tandas Kapitra.

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengungkapkan Kapitra didaftarkan sebagai salah satu Bacalegnya. Hasto mengatakan, Kapitra dicalonkan dari dapil Sumbar.

Hasto mengatakan, pencalonan lelaki yang menjadi penasihat bidang hukum di PA 212—organisasi eks demonstran anti-Ahok—tersebut merupakan hasil dialog dengan masyarakat Sumbar. Kapitra, kata dia, akan menjadi jembatan penghubung antara PDIP dengan masyarakat setempat.

"Sebagaimana kami nyatakan, dialog kami dengan masyarakat Sumatera Barat itu betul-betul memang menghendaki adanya jembatan penghubung dengan PDIP," kata Hasto saat mendaftarkan caleg PDIP di Kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (17/7/2018).

Kapitra adalah salah satu sosok terdepan yang membela Rizieq Shihab Cs ketika terjerat masalah hukum. Dia juga berada pada barisan terdepan meminta majelis hakim untuk menghukum Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) dalam kasus penodaan agama.

Tokopedia

Sumber : Suara.com