Kuis Sepeda, Santri Sragen Sukses Ngerjain Jokowi

Presiden Jokowi lesehan saat menghadiri pengajian di Ponpes An Najah Gondang, Sragen, Sabtu (14/7 - 2018) malam. (Istimewa/Mukafi Fadli)
15 Juli 2018 16:30 WIB Kurniawan Nasional Share :

Solopos.com, SRAGEN -- Kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Pondok Pesantren (Ponpes) An Najah, Desa/Kecamatan Gondang, Sragen, Sabtu (14/7/2018) malam memberikan kesan tersendiri bagi masyarakat Sragen, utamanya para santri ponpes itu.

Seperti kegiatan kunjungan kerja Presiden sebelumnya, Jokowi kembali bagi-bagi hadiah sepeda kepada para hadirin. Di Sragen Jokowi membagikan tiga sepeda gunung kepada beberapa hadirin yang bisa menjawab pertanyaannya.

Hadiah pertama diberikan kepada Tiara, santri Ponpes An Najah yang menyebutkan 10 nama ikan. Ada kejadian menarik saat Tiara diminta memperkenalkan diri. Sang santri bertanya kepada Jokowi minta nama panjang atau pendek.

Dengan santai Jokowi meminta Tiara menyebutkan nama panjangnya. Tapi Tiara menolaknya dengan alasan kepanjangan. “Nanti kepanjangan pak, nama pendek saja ya,” celetuk Tiara disambut tawa peserta pengajian malam itu.

Tidak sampai di situ saja, Tiara sukses membuat sang presiden kebingungan saat menyebutkan nama-nama ikan. Sebab beberapa nama ikan yang disebut Tiara masih asing di telinga Jokowi, seperti ikan betok dan ikan angel fish.

“Ikan betok itu ikan apa sih? Kalau di Palembang ada yang namanya ikan betok. Tapi kalau di sini apa ada juga ikan betok?,” tanya Jokowi kepada para tamu. “Ikan gabus? Mboten ikan kutuk ta? Itu kalau di sini ikan kutuk,” sambung dia.

Selang beberapa saat Jokowi kembali dibuat bingung dengan jawaban Tiara; ikan angel fish. Penasaran, dia pun langsung bertanya yang dimaksud dengan ikan itu. “Mbok nonton Upin-Ipin lah pak,” jawab Tiara menggoda.

Tak mau kalah dengan Tiara, Jokowi meminta dia agar menyebutkan nama-nama ikan Indonesia. “Angel fish itu ikan apa ta? Yang [disebutkan] ikan Indonesia saja. Itu [angel fish] nama ikan Indonesia bukan ta?,” kata Jokowi.

Keusilan Tiara berlanjut di penyebutan nama ikan ke sepuluh. Dia bertanya kepada Jokowi apakah kecebong itu termasuk jenis ikan. “Ya bukan lah. Itu anak katak. Ayo nama ikan yang besar-besar belum disebut ta tadi,” ujar Jokowi.