Beras Sachet Rp2.500 Siap Dijual Warung Kelontong Soloraya

Ilustrasi beras. (Solopos/Sunaryo Haryo Bayu)
13 Juli 2018 16:15 WIB R Bony Eko Wicaksono Sukoharjo Share :

Solopos.com, SUKOHARJO -- Beras kemasan sachet seberat 200 gram yang dijual dengan harga Rp2.500 per kemasan akan disalurkan ke pasaran pada Juli ini. Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) telah melakukan uji coba penjualan beras  kemasan sachet itu untuk meningkatkan daya tarik masyarakat.

Perum Bulog telah meluncurkan produk beras kemasan sachet itu pada Juni lalu. Hal ini bagian dari upaya perusahaan pelat merah tersebut untuk makin serius menggarap pasar beras premium. Sebelum disalurkan ke seluruh Indonesia, Perum Bulog melakukan uji coba penjualan beras kemasan sachet di sejumlah daerah.

Beras kemasan sachet bakal disalurkan ke warung kelontong maupun toko ritel di Soloraya termasuk Sukoharjo pada pertengahan Juli. “Bulan ini beras  kemasan sachet disalurkan ke warung-warung tradisional di setiap kecamatan. Namun, saya belum bisa memperkirakan jumlah beras kemasan sachet yang disalurkan ke pasaran itu,” kata Kepala Gudang Bulog Telukan, Wisnu Sancoyo, saat berbincang dengan Solopos.com, Kamis (12/7/2018).

Menurut Wisnu, beras itu dikemas dalam ukuran kecil untuk sekali masak. Meski berukuran kecil dan murah, kualitas beras tak perlu diragukan. Beras kemasan sachet memiliki kualitas premium yang diproduksi petani lokal.

Apabila penjualan beras kemasan sachet laris, Bulog bakal makin meramaikan kompetisi penjualan beras premium. “Harganya sangat terjangkau kalangan masyarakat menengah ke bawah. Ini penetrasi beras premium di pasaran,” ujar dia.

Wisnu menjelaskan mekanisme pendistribusian beras kemasan sachet di pasaran. Dia telah menyiapkan petugas khusus yang bertugas mengendarai sepeda motor setiap hari. Mereka berkeliling ke setiap warung kelontong dan toko ritel yang siap menjual beras tersebut.

Produk beras kemasan sachet menjadi solusi alternatif atas kebutuhan masyarakat berpendapatan minim. “Masyarakat bisa membeli beras di warung kelontong terdekat dari rumah. Tak perlu jauh-jauh ke swalayan atau pusat perbelanjaan,” papar dia.

Wisnu meyakini beras kemasan sachet bakal disambut baik masyarakat. Masyarakat diperkirakan bakal menyerbu warung kelontong untuk memborong produk beras itu. Mereka bisa membeli beras menyesuaikan penghasilan yang didapat setiap hari.

Sementara itu, seorang warga asal Kelurahan Gayam, Kecamatan Sukoharjo, Khusnul, mengaku belum mengetahui informasi mengenai beras kemasan sachet yang dijual dengan harga murah. Selama ini, beras yang dijual di pasaran paling kecil berukuran lima kilogram (kg). Biasanya, masyarakat membeli beras eceran di pasar tradisional.



Tokopedia