Sport
Jumat, 19 April 2024 - 21:45 WIB

Merasa Layak Menang, Pelatih Qatar Tak Peduli Tudingan Timnya Dibantu Wasit

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pelatih Timnas U-23 Qatar Ilidio Vale (Istimewa)

Solopos.com, DOHA — Pelatih Timnas Qatar U23 Ilidio Vale tak peduli dengan kecaman terhadap timnya yang lolos ke fase gugur Piala Asia U23 setelah dua kali menang.

Menurut Vale, Timnas U-23 Qatar layak memenangi dua laga kontra Indonesia (2-0) dan Yordania (2-1).

Advertisement

Ia menyebut kemenangan anak asuhnya atas Yordania pada laga kedua Grup A dengan skor 2-1 di Stadion Jassim Bin Hamad, Kamis (18/4/2024), diperoleh melalui perjuangan.

Gol Mohamed Almanai pada perpanjangan waktu (90+14’) menyegel kemenangan kedua Qatar di Piala Asia U-23 setelah laga sempat imbang 1-1 melalui gol Abdulla Alyazidi (40’) dan penalti Yordania yang dicetak Aref Al Haj (52’).

Perpanjangan waktu hingga 14 menit itu menuai sorotan, demikian pula dengan gol penentu kemenangan.

Advertisement

Dalam tayangan ulang televisi terlihat, sebelum gol terjadi seorang pemain Yordania terlebih dulu dijatuhkan di kotak penalti oleh pemain Qatar.

Para pemain Yordania memprotes disahkannya gol tersebut. Setelah wasit mengecek VAR keputusan tidak berubah sehingga Qatar dinyatakan menang 2-1.

Vale menegaskan bahwa anak-anak asuhnya mendapatkan imbalan atas kegigihan dan keyakinan hingga akhir laga di Stadion Jassim Bin Hamad.

“Babak pertama luar biasa bagi kami dan kami pantas mendapatkan gol tersebut, namun sayangnya kami kebobolan di babak kedua, jadi pertandingan itu sulit,” kata pelatih asal Portugal itu, dilansir laman resmi AFC, Jumat (19/4/2024).

Advertisement

“Kami pantas menang karena kami punya keyakinan hingga menit terakhir. Kami mampu mencetak gol yang layak dan oleh karena itu kami pantas mendapatkan tiga poin dan lolos,” tambahnya.

Pelatih Yordania Abdullah Abu Zema dengan senang hati menerima kekalahan tersebut dan mengucapkan selamat kepada Qatar atas kemenangan mereka, sambil menegaskan bahwa timnya tidak beruntung harus pulang dengan tangan kosong.

“Kami tidak beruntung dan itulah sepak bola, tapi saya sangat bangga dengan penampilan yang ditunjukkan para pemain saya. Kami bermain melawan Qatar, tim yang sangat bagus dan kami melakukan semua yang kami bisa. Kami mendominasi, menciptakan peluang dan kami tidak beruntung,” lanjutnya.

Pada laga terakhir, Qatar yang sudah memastikan satu tempat di babak delapan besar akan melawan Australia di Stadion Jassim Bin Hamad, Minggu (21/4/2024) pukul 22.30 WIB.

Advertisement

Sementara untuk Yordania, mereka wajib memenangi laga atas Indonesia jika ingin mengamankan satu tempat di babak gugur di Stadion Abdullah Bin Khalifa, Minggu pukul 22.30 WIB.

“Harapannya tetap lolos dan kami masih punya satu pertandingan tersisa, yang sulit melawan Indonesia, dan kami akan berusaha semaksimal mungkin untuk lolos,” kata pelatih 48 tahun itu.

Timnas Qatar U23 menjadi tim pertama yang lolos ke babak perempat final Piala Asia U23 setelah mengalahkan Yordania dengan skor 2-1, Kamis (18/4/2024) malam.

Namun lolosnya Qatar ini justru panen kecaman warganet karena dianggap bertindak kotor dengan meminta bantuan wasit.

Advertisement

Berikut sejumlah komentar warganet terkait lolosnya Qatar U23 ke perempat final Piala Asia U23:

Qatar should say thank you to Nasrullo Kabirov and Sivakorn Pu-Udom as a Man of the Match on two match (Qatar patut mengucapkan terima kasih kepada Nasrullo Kabirov dan Sivakorn Pu-Udom sebagai Man of the Match di dua pertandingan),” tulis akun @MEDIOC***.

Thanks to the referee that paid by Qatar qaVAR (Terima kasih kepada wasit yang dibayar oleh Qatar qaVAR),” tulis @art***.

Are you sure Qatar quarter finals because fair plays? Big No, Qatar quarter-finals is not fair (Apakah Anda yakin perempat final Qatar karena fair play? Tidak, perempat final Qatar tidak adil),” komentar @ Su****.

Congrats QATAR petrol money as a winner on this cup (Selamat kepada uang minyak QATAR sebagai pemenang piala ini),” tulis @Radhiyaksa D***.

REFEREE not checking Goal, he is Checking MONEY QA-VAR is winning Qatar Cup (WASIT tidak memeriksa gol, dia Memeriksa UANG QA-VAR memenangkan Piala Qatar),” tulis @PokjarBatam.

Advertisement

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jadi Tim Pertama Lolos ke Perempat Final, Timnas Qatar U23 Malah Panen Hujatan”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif