Israel Ingin Usir Iran dari Suriah

Vladimir Putin bersalaman dengan Benjamin Netanyahu (Reuters/Yuri Kadobnov)
12 Juli 2018 15:40 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, MOSKOW Pemerintah Israel ingin mengusir Iran dari Suriah. Hal itu disampaikan oleh Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, saat bertemu dengan Presiden Rusia, Vladimir Putin, di Moskow, Rabu (11/7/2018).

Dalam pertemuan itu Benjamin Netanyahu menegaskan pihaknya tidak akan menggulingkan kekuasaan Presiden Suriah, Bashar Al Assad, jika Rusia berhasil mengusir pasukan Iran dari Suriah.

"Kami tidak akan mengambil tindakan apa pun terhadap pemerintahan Bashar Al Assad jika Rusia bisa mengusir Iran dari wilayah tersebut," demikian penjelasan seorang pejabat Israel seperti dikutip dari Reuters, Kamis (12/7/2018).

Beberapa hari belakangan, Israel ikut fokus menjaga wilayah Golan yang berbatasan langsung dengan Suriah. Mereka menjaga zona demiliterisasi itu tetap bersih dari pasukan Suriah.

Mereka juga menegaskan tidak akan memberikan toleransi terhadap militer Iran yang terlihat di wilayah perbatasan dengan Suriah.

Sementara itu, militer Rusia tengah melakukan beragam upaya untuk mengusir pasukan Iran dari wilayah Suriah berdekatan dengan Golan yang dikuasai Israel.

Namun, sampai saat ini usaha mereka belum membuahkan hasil yang berarti.

Tokopedia