Solopos Hari Ini: 52% Siswa Gakin Fiktif

Harian Umum Solopos edisi Rabu (11/7 - 2018).
11 Juli 2018 10:00 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Sedikitnya 78.065 siswa atau 52,43% dari siswa yang menggunakan surat keterangan tidak mampu (SKTM) dalam PPDB SMA/SMK di Jawa Tengah (Jateng) tidak lolos verifikasi.

Mereka mengaku dari keluarga miskin (gakin) dengan membawa SKTM agar bisa masuk sekolah yang diinginkan. Setelah dilakukan verifikasi, mereka tidak masuk kriteria gakin. Jumlah siswa pengguna SKTM yang tidak lolos verifi kasi diperkirakan akan terus bertambah hingga pengumuman PPDB SMA/SMK pada Rabu(11/7) ini. Jumlah siswa yang tidak lolos verifikasi SKTM sebanyak 78.065 siswa disampaikan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo di Semarang, Selasa (10/7) pagi.

Polemik tentang SKTM tersebut menjadi berita utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (11/7/2018), dan dapat disimak secara lengkap di E-Paper Solopos. Selain itu, berita tentang Piala Dunia 2018 di Rusia juga menjadi berita utama pada Harian Umum Solopos edisi hari ini.

Lebih Susah Menahan Tiga Singa Muda

Pelatih Timnas Inggris, Gareth Southgate, menyebut Inggris memiliki kesempatan emas merebut juara dunia. Luka Modric tidak asing dengan sepak bola Inggris. Pemain yang dijuluki Penyihir dari Kroasia tersebut pernah menjajaki belantara Liga Premier bersama Tottenham Hotspur pada 2008-2012.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Sedangkan di halaman Soloraya, kabar terbaru tentang rencana renovasi Stadion Manahan, Kota Solo menjadi berita terhangat. Kabar tentang mahasiswa KKN yang ditantang Bupati Sragen untuk memberikan solusi pengelolaan Gunung Kemukus juga menjadi berita utama di halaman Soloraya pada Harian Umum Solopos edisi hari ini, Rabu (11/7/2018).

Tak Ada Kompromi untuk Sunday Market

Wali Kota Solo, F.X. Hadi Rudyatmo, meminta para pedagang Sunday Market Manahan menghentikan aktivitas di lokasi itu selama masa renovasi dan pengembangan Stadion Manahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

Ia menyatakan tak bisa memenuhi seluruh tuntutan pedagang karena berbagai keterbatasan. Wali Kota mengatakan proyek pembangunan Stadion Manahan bakal dimulai sesuai jadwal yang dimiliki kontraktor yang mengerjakan. Hal itu tergantung dari kontraktor proyek.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Yuni Tantang Mahasiswa KKN Cari Solusi

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati memberi tantangan bagi 180 orang mahasiswa lintas fakultas dari Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang melaksanakan kuliah kerja nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Sumberlawang dan Mondokan, Sragen, selama 45 hari ke depan terhitung mulai Selasa (10/7).

Tantangan itu berupa penelitian tentang model pengelolaan objek wisata Gunung Kemukus di Pendem, Sumberlawang, dan penelitian solusi atas krisis air bersih saat musim kemarau di dua kecamatan tersebut.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Tokopedia