8 Dievakuasi, Penyelamatan 5 Orang Tersisa di Gua Thailand Lebih Berat

Helikopter militer yang membawa anak-anak dari Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, Senin (9/7/2018). (Reuters - Athit Perawongmetha)
10 Juli 2018 15:45 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, CHIANG RAI — Tim penyelamat hingga kini berhasil mengevakuasi delapan orang terjebak banjir di Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand. Tim diperkirakan akan menghadapi tantangan yang lebih berat untuk mengevakuasi lima orang yang masih terjebak di dalam gua sejak 23 Juni 2018.

Tantangan yang akan dihadapi tim penyelamat diungkapkan kepala operasi penyelamatan sekaligus mantan gubernur Chiang Rai, Narongsak Osottanakorn. Hujan kemungkinan akan turun dalam waktu dekat juga berpotensi membuat genangan air di gua semakin tinggi. Meski begitu, regu penyelamat telah belajar dari pengalaman evakuasi sebelumnya sehingga proses evakuasi lima orang yang masih terjebak di gua diharapkan lebih cepat.

"Saya harap hari ini [Selasa] kami akan lebih cepat melakukan evakuasi atau setidaknya sama seperti kemarin," kata Narongsak seperti dikutip Reuters, Selasa (10/7/2018).

Proses penyelamatan 13 orang yang terdiri dari 12 anak-anak siswa sekolah sepak bola bersama satu pelatih mereka memang sangat dramatis. Pasalnya, mereka terjebak di gua yang terendam banjir dan harus menyelam melalui lorong gelap untuk bisa keluar dari gua dan membutuhkan waktu sekitar lebih dari lima jam.

Proses evakuasi 13 orang yang mengalami kisah tragis itu tampaknya benar-benar menyita perhatian dunia. Bahkan, salah satu miliarder, Elon Musk, telah memberikan bantuan berupa kapal selam berukuran kecil untuk mempermudah proses evakuasi.

Di sisi lain, delapan anak yang sudah berhasil diselamatkan dari kisah tragis itu dipastikan baik-baik saja. Mereka bahkan memiliki nafsu makan yang sangat tinggi saat berada di rumah sakit.

Tokopedia