Presiden Filipina Duterte Siap Mundur Jika Tuhan Itu Nyata

Presiden Filipina, Rodrigo Duterte. (Asiaone.com)
09 Juli 2018 17:45 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, MANILA Presiden Filipina, Rodrigo Duterte, kembali menuai kontroversi. Kali ini, pria berusia 73 tahun itu mengajukan satu syarat kepada siapapun yang ingin melengserkan dirinya dari jabatan sebagai Presiden Filipina. Namun, syarat yang sangat aneh dan tidak masuk akal itu memicu kontroversi.

Dikutip dari The Philipine Star, Senin (9/7/2018), Rodrigo Duterte berjanji akan mundur dari jabatannya jika ada yang bisa membuktikan bahwa Tuhan itu nyata. Pernyataan kontroversial itu disampaikan dalam pidato di acara sains dan teknologi di Davao, Filipina, Jumat (6/7/2018).

"Jika ada di antara kalian yang bilang pernah ke surga, bicara dengan Tuhan, tunjukkan dia secara pribadi. Dan bila Dia benar-benar ada, saya akan mundur dari jabatan sebagai Presiden," tegas Rodrigo Duterte.

Selanjutnya, Rodrigo Duterte meminta siapapun yang pernah bertemu dengan Tuhan untuk berfoto bersama. Kemudian, dia meminta foto tersebut diberikan kepadanya. Pernyataan kontroversial dari Rodrigo Duterte tentang Tuhan bukan kali pertama terjadi.

Meski demikian, bukan berarti Rodrigo Duterte tidak percaya kepada Tuhan. Dia juga menceritakan pengalaman buruk di masa lalu yang membuatnya keluar dari agama Katolik.

"Sesuatu yang mengerikan terjadi saat aku masih muda. Dulu, aku pernah mengalami pelecehan seksual yang dilakukan seorang pendeta. Sejak saat itu, aku keluar dari agama Katolik dan membangun konsep sendiri soal Tuhan," terangnya seperti dilansir Asia One.

Berbagai pernyataan kontroversial soal Tuhan yang dilontarkan Rodrigo Duterte membuat warga Filipina marah. Pasalnya, Katolik merupakan agama yang dipeluk mayoritas warga Filipina. Tak ayal, pernyataan itu memicu amarah di negara yang merupakan rumah bagi sekitar 76 juta umat Katolik.

Rodrigo Duterte juga sering bersitegang dengan pemuka agama terkait hukuman mati yang dijatuhkan sebagai cara memberantas narkoba di Filipina. Namun, semua hal itu membuatnya bergeming.

Kali ini, guna meredakan ketegangan akibat komentarnya soal Tuhan, Rodrigo Duterte sepakat menghadiri Konferensi Wali Gereja Filipina dan bertemu dengan Uskup Agung Romulo Valles

 

Tokopedia
Kolom 6 hours ago

Efek Ekor Jas