Bisnis
Kamis, 25 April 2024 - 03:05 WIB

Tingkatkan Jumlah Investor Pasar Modal di Soloraya, Ini Langkah BEI Jateng 2

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, SOLO–Kantor Bursa Efek Indonesia (BEI) Jawa Tengah (Jateng) 2, telah menyiapkan beberapa program untuk meningkatkan jumlah investor pasar modal di tahun ini. Beberapa di antaranya adalah program satu pemuda satu rekening dan satu santri satu rekening.

Kepala Kantor BEI Jateng 2, M. Wira Adibrata, mengatakan setidaknya ada empat program yang telah disiapkan di tahun ini. Semuanya akan dilakukan bekerja sama dengan Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) di empat daerah di Soloraya, yakni Solo, Boyolali, Karanganyar, dan Sragen.

Advertisement

Dia menyebutkan tahun sebelumnya bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Solo telah melaksanakan program literasi dan inklusi yang menyasar 1.000 ASN di lingkungan Pemkot Solo. “Tahun ini kami diminta 1.000 lagi, namun bukan lagi ASN, tapi UMKM,” kata dia.

Sedangkan di Kabupaten Karanganyar, tahun ini BEI Jateng 2 bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar menggelar program literasi dan inklusi dengan sasaran kalangan pemuda.

“Telah dibuka Pj. Bupati Karanganyar, kami mau ada program satu pemuda satu rekening di wilayah Karanganyar dengan pilot project Desa Karang,” kata dia, Senin (22/4/2024).

Advertisement

Melalui program tersebut diharapkan bisa memberikan edukasi mengenai investasi pasar modal di kalangan pemuda. Diharapkan dari pilot project tersebut nantinya bisa meluas.

Hal yang hampir sama juga akan dilakukan di Boyolali. Wira mengatakan rencana untuk program yang akan digelar di Boyolali melalui kerja sama dengan TPKAD Boyolali, akan menyasar pada kalangan santri. Program yang akan dijalankan adalah Program Pasar Modal Syariah dengan sasaran satu santri satu rekening efek.

Sementara di Sragen, kegiatan program yang telah disiapkan lebih pada upaya pemahaman kepada masyarakat agar terhindar dari investasi bodong.

Advertisement

“Kami dengan Pemkab Sragen sudah sepakat untuk memberantas atau membentengi investasi bodong masuk Sragen. Sudah ada izin untuk melakukan awareness dengan videotron,” lanjut dia.

Dia mengatakan di 2024 ini ditargetkan ada sekitar 64.000 investor baru untuk pasar modal di wilayah kerja BEI Jateng 2.

“Kami punya tiga target umum, pertama literasi, kemudian inklusi dan aktivasi. Jadi mengaktifkan supaya yang punya rekening bisa dimanfaatkan dengan baik,” lanjut dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif