Kreator Spiderman Steve Ditko Meninggal, Begini Perjalanan Kariernya

Steve Ditko saat masih muda (kiri) dan karakter Spiderman di komik Amazing Fantasy (kanan). (Wikimedia.org - Telepgraph.co.uk)
08 Juli 2018 13:00 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, NEW YORKKabar duka datang dari salah satu kreator karakter komik Spiderman, Steve Ditko, yang telah tutup usia pada usia 90 tahun. Dikabarkan di laman Forbes.com, Sabtu (7/7/2018) malam WIB, pria yang memiliki nama lengkap Stephen J. Ditko itu meninggal di apartemennya di New York, Amerika Serikat (AS), 29 Juni 2018.

Meski dipastikan meninggal dunia akhir Juni lalu, kabar duka tersebut baru menyebar Sabtu (7/7/2018) malam. Hollywoodreporter mengabarkan Steve Ditko meninggal dunia karena faktor usia dan tak ditemukan tanda-tanda kekerasan pada jasadnya.

Perjalanan Karier

Tokoh Spiderman sebagai salah satu karakter terpopuler pada Marvel Comics dikenal luas merupakan tokoh ciptaan Stan Lee. Namun demikian, Steve Ditko nyatanya juga memiliki peran besar di balik penciptaan karakter manusia laba-laba tersebut.

Disebutkan di laman Forbes.com yang dikutip Minggu (8/7/2018), Steve Ditko dikenal sebagai komikus yang berkolaborasi dengan Stan Lee untuk menciptakan tokoh Spiderman. Bukan hanya itu, Steve Ditko dan Stan Lee juga merupakan kreator Doctor Strange untuk Marvel Comics pada awal 1960-an.

Steve Ditko mulai berkarier di dunia komik pada 1950-an saat bisnis tersebut justru diguncang isu mempromosikan kenakalan remaja dan para penerbit mengalami penurunan drastis dalam penjualan komik. Di awal kariernya, Steve Ditko hanya bekerja untuk perusahaan komik kelas kedua.

Baru pada akhir 1950-an, karyanya yang berjudul Strange Tales dan Tales of Suspense mulai dikenal setelah diterbitkan oleh perusahaan bernama Atlas, yang namanya kemudian berubah menjadi Marvel Comics. Di perusahaan tersebut, ia mulai berkolaborasi dengan sang editor perusahaan, Stan Lee, yang tertarik pada gaya Ditko yang tidak biasa serta aneh.

Kedua orang tersebut kemudian membuat komik dengan judul Amazing Adult Fantasy. Judul komik tersebut kemudian disingkat menjadi Amazing Fantasy untuk edisi terakhir dan mulai memunculkan karakter Spiderman.

Pencipta karakter Spiderman sebenarnya masih diperdebatkan hingga kini. Namun demikian, Steve Ditko merupakan perancang awal kostum Spiderman yang tetap bertahan dan hampir tak berubah hingga kini.

Setelah sukses dengan Spiderman, Steve Ditko kembali berkolaborasi bersama Stan Lee dalam menciptakan tokoh lain untuk Marvel Comics. Dengan gaya seninya yang dinilai menyeramkan dan surealis, Steve Ditko menciptakan karakter Doctor Strange, tentu bersama Stan Lee. Karakter Dctor Strange dinilai merupakan karya terbaik Steve Ditko dengan gaya surealisnya.

Setelah berkarier di Marvel Comics, Steve Ditko melanjutkan kariernya di Charlton dan juga DC Comics. Ia dianggap memiliki kontribusi dalam perubahan karakter Long Blue Beetle. Meski kariernya cukup cemerlang, Ditko tak melulu bekerja di perusahaan besar dan mulai berkontribusi pada penerbit kecil.

Sang pencipta karakter Spiderman tersebut memang dikenal tak mau disorot media. Steve Ditko bahkan menolak sebagian besar tawaran wawancara dari beberapa media. Ia menegaskan lebih suka berkomunikasi melalui karyanya dibanding dengan wawancara.

Kini, nama Steve Ditko yang memang kalah kondang dengan Stan Lee sebagai pencipta Spiderman hanya tinggal kenangan. Pria yang berkontribusi besar dalam menciptakan karakter Spiderman tersebut telah tutup usia pada usia 90 tahun di apartemennya di New York, AS, 29 Juni 2018.

Tokopedia
Kolom 6 hours ago

Efek Ekor Jas