Solopos Hari Ini: Peluang Masuk SMP Negeri Masih Terbuka

Harian Umum Solopos edisi Minggu (8/7 - 2018).
08 Juli 2018 10:30 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Kuota siswa SMP negeri di Solo pada Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online Tahun Ajaran 2018/2019 tidak terpenuhi. Total 12 SMP negeri masih kekurangan 936 siswa.

Kekurangan terbanyak di SMPN 26 Solo sebanyak 136 siswa, disusul SMPN 25 Solo sebanyak 124 siswa, dan SMPN 3 Solo sebanyak 122 siswa. Hal ini diketahui dari hasil pendaftaran PPDB online SMP negeri yang berakhir Kamis (5/7/2018) dan diunggah di website Ppbd.surakarta.go.id.

Kabar tentang PPDB tersebut menjadi berita utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Minggu (8/7/2018). Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Selain itu kabar terbaru tentang Piala Dunia 2018 juga dapat disimak di Harian Umum Solopos. Lolosnya Inggris ke Semifinal Piala Dunia 2018 menjadi salah satu berita utama di Harian Umum Solopos edisi hari ini, Minggu (8/7/2018).

--Selamatkan Gengsi Juara Dunia

Tersingkirnya Brasil dan Uruguay menjadikan semifinal Piala Dunia 2018 hanya akan diisi dua tim yang pernah berstatus sebagai juara dunia yakni Prancis dan Inggris.

Inggris menyusul Prancis ke babak empat besar setelah menundukkan Swedia dengan skor 2-0 di Samara Arena, Samara, Rusia, Sabtu (7/7) malam WIB.

Inggris belum pernah meraih gelar juara di Piala Dunia sejak memenanginya saat menjadi tuan rumah pada Piala Dunia 1966. Tapi optimisme tinggi mulai diusung Inggris di Piala Dunia 2018 ini. Mereka semakin dekat mengakhiri penantian panjang setelah menginjakkan kaki di semifinal dengan membungkam Swedia.

“Kebersamaan tim untuk hari ini benar-benar krusial,” ujar Pelatih Inggris, Gareth Southgate, seperti dilansir bbc.com, seusai laga, Sabtu.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

Harian Umum Solopos edisi hari ini, Minggu (8/7/2018), juga menyajikan kabar hiburan serta kabar tentang mode pakaian.

--Mariah Carey Ketahuan Lipsync

Sebagai penyanyi bereputasi global yang sukses menyabet lima penghargaan Grammy Awards, kemampuan olah vokal Mariah Carey tak diragukan lagi. Mantan istri Nick Cannon itu memiliki vokal tujuh oktaf dan piawai menaklukkan nada tinggi.

Sayangnya, Mariah Carey beberapa kali tersandung skandal lipsync. Dalam penampilan terbarunya saat naik panggung di Colosseum di Caesars Palace, Los Angeles, Amerika Serikat, sang diva dicibir karena ketahuan lipsync.

Smak selengkapnya di: E-Paper Solopos.

--Gelora Spirit Pemberontakan

Motif kotak-kotak alias tartan pernah hit dan identitas politik sejumlah tokoh politik bangsa kita. Namun jauh sebelum itu, tartan lebih dulu menjadi bagian budaya negeri Skotlandia. Keberadaannya pola garis vertikal dan horizontal yang bersilangan tersebut menjadi identitas kultur klan bagian bangsa Eropa.

Salah satu motif yang cukup populer dari Skotlandia dan telah mendunia adalah tartan yang dikenakan klan Wallace. Motif ini memiliki ciri kombinasi warna merah, hitam, dengan garis kuning. Tartan tersebut memiliki makna filosofi kuat yakni Pro Libertate, yang berarti Demi Kebebasan.

Simak selengkapnya di: E-Paper Solopos.