5 Fakta Unik Yeo Bee Yin, Menteri Wanita Muda Malaysia

Yeo Bee Yin (Instagram/yeobeeyin)
07 Juli 2018 05:30 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Pemerintah Malaysia baru saja melantik 13 menteri baru, Senin (3/7/2018). Perdana Menteri Malaysia, Mahathir Mohamad, dibantu oleh sederet menteri berusia muda dalam jajaran kabinetnya. Salah satu menteri berusia muda di kabinet Mahathir Mohamad adalah Yeo Bee Yin.

Yeo Bee Yin yang baru berusia 35 tahun itu baru saja dilantik menjadi Menteri Energi, Teknologi, Sains, Perubahan Iklim, dan Lingkungan Hidup Malaysia. Dia merupakan sarjana teknik kimia Universitas Teknologi Petronas, Malaysia dengan predikat tertinggi, first class honours.

Tokopedia

Setelah meraih gelar sarjana, Yeo Bee Yin sempat bekerja di perusahaan minyak dan gas Amerika Serikat, Schlumberger. Dia ditempatkan di cabang perusahaan yang berada di Turkmenistan selama dua tahun. Selanjutnya, dia melanjutkan studi teknik kimia di Cambridge University, Inggris, lewat program beasiswa Bill and Melinda Gates Cambridge Scholarship.

Selain menerima beasiswa mentereng, Yeo Bee Yin, memiliki sederet prestasi lain yang tak kalah mengagumkan. Inilah beberapa fakta menarik tentang sosok Yeo Bee Yin yang dihimpun dari Straits Times, Jumat (6/7/2018):

Selamat dari insiden mengerikan

Yeo Bee Yin menceritakan insiden mengerikan yang dialami semasa balita melalui laman blog pribadinya. Saat masih balita, kepalanya bocor seusai terbentur kursi kayu. Insiden itu membuatnya harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit dalam waktu cukup lama.

Selanjutnya, saat usianya lima tahun, Yeo Bee Yin tertabrak mobil ketika tengah bermain dengan teman-temannya. Beruntung, sopir mobil tersebut adalah seorang dokter yang langsung mengobati lukanya.

Ditentang orang tua terjun ke dunia politik

Yeo Bee Yin memasuki dunia politik dengan bekerja sebagai sukarelawan di DAP pada 2012. Keputusannya terjun ke dunia politik sempat ditentang sang ibunda. Ibunya tidak mengerti mengapa Yeo Bee Yin memilih kehidupan yang sulit dengan masuk ke dunia politik. Namun, tekadnya sudah bulat untuk berkontribusi membangun negeri tercinta setelah mendapatkan pendidikan tinggi secara cuma-cuma.

Sukses berkarier di usia muda

Setahun setelah terjun ke dunia politik, Yeo Bee Yin terpilih menjadi anggota Majelis Legislatif Negara Bagian Selangot untuk periode 2013-2018. Dia merupakan anggota termuda yang mendapat suara terbanyak dalam pemilu. Dia merupakan kandidat dari Pakatan Harapan yang dipimpin Mahathir Mohamad.

Kini, Yeo Bee Yin dipercaya sebagai salah satu menteri di kabinet baru pimpinan Mahathir Mohamad. Dia dilantik langsung oleh Raja Malaysia, Yang Dipertuan Agung Sultan Muhammad V di Istana Negara, Kuala Lumpur.

Aktif menulis

 

Yeo Bee Yin termasuk orang yang cukup aktif menulis. Wanita muda yang masih berstatus lajang ini meluncurkan buku karyanya bertajuk Reimagining Malaysia pada awal 2018. Dalam buku itu, dia membagikan kisahnya menjadi anggota parlemen yang giat menyuarakan perubahan. Dia berharap buku tersebut menjadi inspirasi bagi para pemuda untuk berkontribusi membangun negeri.

Berjiwa sosial

Yeo Bee Yin merupakan orang yang sangat peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Jiwa sosial yang tinggi mendorongnya membuat pusat bimbingan belajar gratis untuk anak-anak dari keluarga miskin. Selain itu, dia juga membangun pelatihan kepemimpinan khusus mahasiswa dengan tujuan mendidik orang yang ingin menjadi aktivis.