Maid Magid, Imigran Muslim Somalia Jadi Wali Kota Termuda di Inggris

Magid Magid, Wali Kota Sheffield (Somaliaspot.com)
07 Juli 2018 01:10 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SHEFFIELD – Seorang pria muslim asal Somalia, Magid Magid, dilantik menjadi Wali Kota Sheffield, Inggris. Pria berusia 28 tahun yang berstatus sebagai imigran itu sekaligus menjadi wali kota termuda yang pernah dimiliki Kota Sheffield.

Dilansir BBC, Jumat (6/7/2018), meski belum lama menjabat sebagai Wali Kota Sheffield, Magid Magid berani membuat keputusan besar. Dia melarang Presiden Amerika Serikat, Donald Trump, berkunjung ke wilayahnya dalam lawatan ke Inggris pada 13 Juli 2018 mendatang.

Magid Magid merupakan orang yang menentang keras berbagai kebijakan kontroversial yang dibuat Donald Trump. Dia sangat menyayangkan keputusan Donald Trump memindah Kedutaan Besar Amerika Serikat di Israel dari Tel Aviv ke Yerusalem. Dia juga sangat prihatin melihat kondisi anak-anak imigran Meksiko yang dipisahkan dari keluarganya.

"Saya Magid Magid, Wali Kota Sheffield, tidak mengizinkan Donald Trump masuk ke sini. Saya menetapkan tanggal 13 Juli sebagai Hari Solidaritas Meksiko," katanya tegas.

Magid Magid merasa semua orang harus berani menyuarakan pendapat untuk membuat perubahan. "Kita harus jujur dan berani menyatakan pendapat. Dengan demikian, perubahan akan lebih cepat terwujud," sambung dia.

Dikutip dari Metro, Magid Magid lahir di Somalia 26 Juni 1989. Dia mengungsi ke Inggris pad 1994 saat berusia lima tahun. Dia dibesarkan di Burngreave, Sheffield, dan mengenyam pendidikan di University of Hull, Inggris.

Menyandang status sebagai imigran tak menciutkan niat Magid Magid berkecimpung di dunia politik. Dia mulai meniti karier politiknya dengan menjadi anggota dewan Partai Hijau Inggris dan Wales sejak 2014. Pada 2016 dia terpilih sebagai anggota dewan Partai Hijau di Dewan Kota Sheffield. Sampai akhirnya dia berhasil menduduki kursi Wali Kota Sheffield pada 2018.

"Saya merasa terhormat telah diberi penghargaan tertinggi di kota ini. Ini adalah kemenangan kita bersama. Terima kasih," katanya dalam pidato pertama sebagai Wali Kota Sheffield.

Magid Magid yang masih berusia muda memiliki selera humor tinggi dan gaya eksentrik. Pribadinya yang ramah, sederhana, dan unik tercermin dari prosesi pelantikannya sebagai Wali Kota Sheffield. Lagu yang diputar dalam acara tersebut adalah Imperial March yang menjadi soundtrack film Star Wars. Dia juga enggan dipotret dengan pose kaku yang bakal dipajang sebagai foto resmi.

Selain yang termuda, Magid Magid juga menjadi wali kota pertama di Inggris yang merupakan lulusan ilmu biologi kelautan. Sebab, kebanyakan wali kota di Inggris memiliki latar belakang pendidikan ilmu pemerintahan.