Dramatis! Penyelamatan 13 Orang Terjebak 10 Hari di Gua

Sejumlah siswa sekolah sepak bola dan pelatih mereka menunggu untuk diselamatkan dari Gua Tham Luang, Chiang Rai, Thailand, Selasa (3/7 - 2018). (Facebook/Thai Navy Seal)
04 Juli 2018 07:30 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, CHIANG RAI — Regu penyelamat gabungan dari beberapa negara, Senin (2/7/2018) malam, berhasil menyelamatkan 13 orang yang terjebak selama 10 hari di dalam Gua Tham Luang, Chang Rai, Thailand. Ke-13 orang yang mengalami kisah tragis tersebut terdiri 12 siswa sekolah sepak bola berusia sekitar 11 tahun sampai 16 tahun dan seorang pelatih serpak bola yang berusia 25 tahun.

Berdasarkan laporan Reuters, Selasa (3/7/2018), kejadian bermula kala 13 orang tersebut menjelajahi kompleks Gua Tham Luang di taman dekat perbatasan Myanmar-Thailand, 23 Juni 2018 lalu. Namun kisah tragis justru mendera mereka di tengah penjelajahan. Niat hati ingin berpetualang, mereka justru terjebak di dalam gua setelah terjadi hujan lebat yang mengakibatkan banjir lumpur.

Sejak itu,19 orang tersebut dilaporkan hilang. Otoritas Thailand pun kemudian menggelar upaya penyelamatan besar-besaran, termasuk melibatkan tim keselamatan dari berbagai negara.

Sampai pada akhirnya, dua orang penyelam gua asal Inggris yang ikut serta dalam pencarian berhasil menemukan mereka, Senin (2/7/2018). Meski begitu 13 orang tersebut masih belum bisa dikeluarkan dari dalam gua hingga Selasa (3/7/2018) pagi WIB karena jalan keluar-masuk gua masih dipenuhi lumpur.

Berdasarkan video dari tim penyelamat yang dipublikasikan Reuters, tampak proses penemuan 13 orang hilang yang berlangsung sangat dramatis. Sejumlah anggota tim penyelamat berteriak demi bertanya kepada sejumlah orang di dalam gua.

Sejumlah anak-anak yang mengalami kisah tragis tersebut terdengar menyatakan bahwa ada 13 orang yang tejebak. Bukan hanya itu, sejumlah anak berteriak agar lekas dikeluarkan dari dalam gua.

Tak berhenti sampai di situ, salah satu anak di dalam gua berteriak meminta makan kepada regu penyelamat. Tim penyelamat yang menyadari bahwa orang-orang di dalam gua merupakan 13 orang yang dilaporkan sejak 10 hari sebelumnya bergegas meminta bantuan.

Gubernur Chiang Rai, Narongsak Osatanakorn, mengatakan 13 orang yang terjebak di dalam gua tak mengalami luka serius. "Petugas penyelamat sekarang akan fokus untuk mengeluarkan mereka, kemudian menyerahkan kepada tim medis yang menunggu di luar gua," katanya.

Hilang 10 Hari Kok Bisa Selamat?

Salah satu dokter yang tergabung dalam penyelamatan, Sura Jeetwatee, mengatakan 13 orang yang terjebak dapat bertahan hidup selama 10 hari dengan meminum air yang menetes dari stalaktit gua. "Mereka pintar minum air di gua," kata Sura kepada Reuters.

Sementara itu, Asisten Juru Bicara Pemerintah Thailand, Kolonel Athisit Chainuwat, mengungkapkan tim penyelamat melaklukan berbagai upaya untuk menyelamatkan 13 orang tersebut dengan memasang lampu dan peralatan pendukung lainnya. Selain itu, sejumlah personel Angkatan Laut Thailand juga diterjunkan dalam proses penyelamatan tersebut.

"Perdana menteri meminta ini menjadi pelajaran dalam penanggulangan bencana di masa depan," kata Athisit.

Tokopedia