Istri PM Israel Dituduh Korupsi Rp1,3 Miliar

Sara Netanyahu (Telegraph.co.uk)
22 Juni 2018 16:05 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, TEL AVIV – Sara Netanyahu, istri Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu, tersandung kasus korupsi. Sara Netanyahu menjadi tersangka kasus penyalahgunaan uang negara dalam layanan katering di rumah dinas. Adapun uang negara yang disalahgunakan dalam kasus ini jika dirupiahkan sebesar Rp1,3 miliar.

Dikutip dari Reuters, Kamis (21/6/2018), Kementerian Kehakiman Israel menyebut Sara Netanyahu melakukan penggelapan uang negara bersama seorang pejabat bernama Ezra Saidoff, mantan Direktur Jenderal Kantor Perdana Menteri Israel. Pengadilan Israel menyatakan keduanya menerima sejumlah barang, menggelapkan uang, dan melanggar kepercayaan yang diamanatkan.

Dalam berkas dakwaan seperti dilansir Haaretz, Sara Netanyahu memerintahkan pegawainya membeli makanan senilai hampir Rp1,3 miliar di beberapa restoran sejak 2010 sampai 2013. Padahal tindakan seperti itu melanggar aturan pemerintah. Selama ini, pemerintah Israel melarang pembelian makanan dari luar jika di suatu rumah terdapat seorang juru masak.

Benjamin Netanyahu menolak tuduhan yang dijatuhkan kepada sang istri. Dia bahkan menyebut tuduhan itu tidak jelas dan salah alamat. Sebab, dia mengklaim tidak mempekerjakan tukang masak di kediamannya.

Ini bukan kali pertama Sara Netanyahu berurusan dengan hukum. Wanita berusia 59 tahun itu sering menjadi pembahasan karena sederet kasus yang menyeret namanya.

Pada 2017 lalu dia dan putra sulungnya diperiksa polisi atas tuduhan korupsi. Saat ini, Benjamin Netanyahu sendiri sedang terlibat dalam tiga kasus korupsi dan penipuan.