News
Kamis, 28 Maret 2024 - 14:19 WIB

Aksi Pendonoran Darah UKSW Sukses Kumpulkan 43 Kantong Darah

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Civitas academia UKSW mengikuti Aksi Sosial Donor Darah dan Cek Kesehatan di Student Center UKSW Salatiga, Senin (25/3/2024). (Istimewa/UKSW)

Solopos.com, SALATIGA–Dalam rangka perayaan Paskah 2024, Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) dan Puskesmas Sidorejo Lor Salatiga mengadakan kegiatan Aksi Sosial Donor Darah dan Cek Kesehatan di Student Center UKSW, Senin (25/3/2024).

Kegiatan pendonoran darah tersebut diikuti oleh civitas academica mulai dari dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa. Selain itu, tampak sejumlah masyarakat umum juga mengikuti aksi kemanusiaan ini.

Advertisement

Ketua Panitia Paskah, Mustafir Ajibto Tanesab, menyampaikan aksi sosial berupa pendonoran darah dipilih untuk mengajak civitas academica UKSW memaknai nilai pengorbanan Tuhan lewat cara saling berbagi.

Sementara itu, Dokter Umum Puskesmas Sidorejo Lor, Oliviane Kurnia Saftika, menambahkan selain untuk menambah stok kantong darah bagi PMI, kegiatan ini juga bertujuan untuk pemeriksaan penyakit tidak menular lewat pengecekan tensi dan gula darah.

“Kalau misal tensinya tinggi atau gula darahnya tinggi, kami bisa rujuk ke faskes BPJSnya untuk segera dilakukan pengobatan,” ucap Oliviane Kurnia Saftika.

Advertisement

Sebanyak 43 kantong darah berhasil dikumpulkan dalam aksi pendonoran darah etrsebut. Banyak peserta merasa kegiatan ini memberikan manfaat yang tidak hanya berguna bagi kesehatan diri sendiri namun juga bagi orang lain.

Perasaan senang bisa terlibat dalam aksi pendonoran darah turut dirasakan Sunardi, Tenaga Kependidikan SMA Kristen Satya Wacana Salatiga. “Kalau kita sehat, ya kita berbagi. Bersyukur jika darah kita bisa bermanfaat buat orang lain,” ujarnya dikutip, Kamis (28/3/2024).

Peserta lainnya,  Gavra J. S. Sihombing, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Komunikasi (Fiskom) UKSW.

Advertisement

Selain mengikuti aksi pendonoran darah, ia juga memanfaatkan momen ini untuk mengetahui kondisi kesehatan terkini. “Tujuan ikut supaya badan sehat, bisa cek kondisi badan terkini,” ucapnya.

Pendonoran darah dan cek kesehatan menjadi salah satu dari rangkaian kegiatan Paskah UKSW 2024. Selain itu terdapat kegiatan Lumbung Sembako dan Lumbung Kertas.

Dari kegiatan tersebut, hasil dari pengumpulan sembako dan penjualan kertas bekas akan didistribusikan ke panti asuhan, panti sosial, dan pondok pesantren. Sedangkan puncak dari perayaan Paskah adalah Ibadah dan Ria Paskah yang akan diadakan Senin (1/4/2024) di Balairung UKSW.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif