Foto-Foto Bagi Sembako, Pak Jokowi Selfi Dong

Presiden Jokowi menerima ajakan warga selfi seusai bagi sembako di Solo. (Solopos/Nicolaus Irawan)
16 Juni 2018 15:57 WIB Indah Septiyaning Wardhani Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Ribuan orang memadati kawasan Graha Sabha Buana, Solo, Sabtu (16/6/2018) pagi. Sebanyak 4.000 paket sembako dibagikan kepada masyarakat kurang mampu di gedung Graha Saba, Solo.

Yang menarik, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melayani ajakan warga untuk berswafoto seusai meninjau pembagian bingkisan paket sembako di kompleks Graha Sabha Buana, Sumber, Banjarsari, Solo, Sabtu (16/6). Pada pembagian tersebut Presiden Joko Widodo membagikan 3.000 paket sembako. "Pak Selfi dulu dong,' ucap seorang ibu yang merangsek ke mobil Jokowi saat Jokowi tengah berada di mobil di antara pengawalan ketat paspampres.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, ribuan warga berbondong-bondong datang memadati kawasan Graha Saba Buana sejak pukul 07.00 WIB. Mereka tidak hanya berasal dari Kota Solo saja, melainkan dari berbagai daerah.

Sebagian besar warga datang dengan membawa kupon atau girik yang sebelumnya dibagikan pihak kecamatan. Namun tak sedikit pula dari mereka yang tidak membawa kupon dan ikut antre dalam pembagian bingkisan sembako tersebut.

Warga yang datang kemudian diarahkan petugas ke lahan parkir gedung Graha Saba Buana di sisi selatan. Mereka antre mengular membentuk dua barisan. Sebelum antre, warga harus melalui metal detector dan pemeriksaan oleh pasukan tim pengaman presiden (Paspampres). Warga kemudian mencelupkan salah satu jarinya ke tinta yang disediakan seperti pemilu.  

Sembako tersebut dibagikan kepada warga di dalam tas merah dan putih yang bertuliskan Istana Kepresidenan Republik Indonesia Bantuan Presiden Republik Indonesia, berisi gula satu kg, beras lima kg, teh celup, dan minyak goreng satu liter.

Dalam pembagian ini, 4.000 paket bingkisan sembako dibagikan kepada warga. Dengan perincian, 3.000 paket sembako dibagikan kepada warga kurang mampu penerima kupon di wilayah Kecamatan Banjarsari. Kemudian 1.000 bingkisan dibagikan kepada warga yang datang tanpa membawa kupon.