Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 15 Juni 1885, Sumber Minyak Bumi Pertama di Indonesia Ditemukan

Kantor pusat Bataafse Petroleum Maatschappij di Batavia atau kini Jakarta (1900/1940). (Wikimedia.org)
15 Juni 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO — Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada hari ke-166—hari ke-167 dalam tahun kabisat—dalam sistem kalender Gregorian, 15 Juni. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 15 Juni adalah ditemukannya sumber minyak pertama di Indonesia.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 15 Juni.

1215
Raja Inggris, John, mengesahkan Piagam Magna Carta di Runnymede Surrey, Inggris. Dari Piagam Magna Carta, kekuasaan raja dalam pemerintahan negara dibatasi. Piagam Magna Carta adalah langkah pertama dalam proses sejarah panjang menuju lahirnya hukum konstitusional.

1389
Pasukan Kekaisaran Ottoman berhasil mengalahkan pasukan Serbia dan Bosnia dalam Pertempuran Kosovo di Lapangan Kosovo, Serbia Brankovica atau kini Distrik Prishtina di Kosovo. Dalam pertempuran tersebut, kedua belah pihak mengalami kerugian yang sama karena kahilangan banyak tentara. Namun Kekaisaran Ottoman dianggap menang karena berhasil merebut beberapa wilayah kekuasaan Serbia dan Bosnia.

1885
Untuk kali pertama, sumber minyak bumi ditemukan di Hindia-Belanda atau kini Indonesia. Sumber minyak bumi itu ditemukan di Telaga Said, Sumatra Utara. Hingga 1919, sumber minyak bumi itu hanya dikelola satu perusahaan milik Belanda, yakni Bataafsche Petroleum Maatschappij atau Perusahaan Minyak Batavia.

1927
Penyiksaan orang kulit hitam oleh anggota Ku Klux Klan terjadi di beberapa negara bagian di selatan Amerika Serikat (AS). Peristiwa itu memicu protes yang dilancarkan orang kulit hitam terhadap pemerintah agar segera membubarkan klan tersebut. Ku Klux Klan adalah sebuah kelompok rasis ekstrem di AS yang berkeyakinan bahwa ras kulit putih adalah ras terbaik. Organisasi ini didirikan dengan maksud untuk berjuang memberantas orang kulit hitam dan kaum minoritas lain di AS, seperti orang Yahudi, Asia, dan Katolik.

1940
Sekutu mulai melaksanakan Operasi Ariel untuk mengevakuasi tentaranya dan warga sipil dari Paris, Prancis. Operasi tersebut dilaksanakan karena pasukan Jerman sudah berhasil menguasai Kota Paris dan beberapa wilayah lainnya di Prancis.

1944
Pertempuran Saipan meletus di Pulau Saipan, Kepulauan Mariana di Samudera Pasifik. Pertempuran tersebut melibatkan pasukan Amerika Serikat (AS) dan Jepang. Pertempuran itu berlangsung hingga 9 Juli di tahun yang sama dan berhasil dimenangi pihak AS. AS berhasil merebut Pulau Saipan yang sebelumnya dikuasai Jepang.

1954
Union of European Football Associations (UEFA) atau Asosiasi Uni Sepak Bola Eropa didirikan di Basel, Swiss. Pada awal pendiriannya, UEFA hanya memiliki 25 anggota. Kini, asosiasi yang menaungi sepak bola di Eropa tersebut sudah memiliki 54 anggota.

1969
Oliver Kahn lahir di Karlsruhe, Jerman. Ia lantas dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela klub besar di Jerman, Bayern Munchen. Pemain sepak bola yang memiliki posisi sebagai penjaga gawang tersebut aktif sejak 1987 hingga 2008. Dari 1995 hingga 2006, Kahn juga dipercaya sebagai penjaga gawang Tim Nasional Jerman.

1992
Mohamed Salah Ghaly lahir di Basion, El Gharbia, Mesir. Kini, ia menjadi bintang sepak bola yang membela salah satu klub besar di Inggris, Liverpool. Baru semusim di Liverpool sejak 2017 lalu, ia dinobatkan menjadi pemain terbaik di Liga Inggris.

1996
Bom meletus di pusat Kota Manchester, Inggris. Bom tersebut adalah yang terbesar yang pernah meledak di Inggris sejak Perang Dunia II berakhir. Pihak yang bertanggunag jawab atas serangan tersebut adalah Irish Republican Army (IRA) atau Tentara Republik Irlandia. Serangan itu adalah salah satu kampanye IRA yang meminta Inggris untuk menarik diri dari Irlandia Utara dan menyerahkan kawasan Irlandia Utara kepada Republik Irlandia. Meski tak ada korban jiwa, sebanyak 200 orang terluka dalam serangan tersebut.

Tokopedia