Takut Tinja Dicuri, Kim Jong un Bawa Toilet Portabel

Pertemuan Kim Jong Un (kiri) dan Donald Trump di Hotel Capella di Sentosa, Singapura, Selasa (12/6 - 2018). (Reuters/Jonathan Ernst)
14 Juni 2018 16:35 WIB Muhammad Rizal Fikri Internasional Share :

Solopos.com, SINGAPURA – Pertemuan bersejarah dilakukan antara Presiden Amerika Serikat, Donald Trump dan pemimpin Korea Utara, Kim Jong un, Selasa (12/6/2018) di Singapura. Dalam pertemuan bersejarah itu Kim Jong Un membawa serta mobil toilet pribadi.

Pertemuan pertama kali antara pimpinan dua negara itu dilakukan di Hotel Capella, Pulau Sentosa, Singapura. Keamanan menjadi fokus penting baik dari sisi tuan rumah, atau sisi Korea Utara dan Amerika Serikat. Dicatat Wikipedia, Singapura menghabiskan kurang lebih US$7,5 juta atau Rp104 miliar untuk dana keamanan.

Meski dikelilingi keamanan tingkat tinggi dari Singapura, Kim Jong un tak mau menggunakan toilet khusus yang sudah disiapkan tuan rumah. Tim keamanan putra Kim Jong il itu memiliki protokol keamanan dengan membawa sendiri toilet pribadi bagi pemimpinnya.

Dilansir CBSNews melalui Kantor Berita Korea Selatan, The Chosunilbo, Senin (11/6/2018), dalam kunjungan ke Singapura, Kim Jong un juga dibawakan makanan khusus, limosin antipeluru, dan mobil toilet.

Berdasarkan keterangan mantan Komandan Keamanan Korea Utara, Lee Yun keol ke Washington Post, bawaan Kim Jong un itu adalah standar operasi yang sudah lama dipraktikkan. Termasuk toilet portabel.

“Daripada menggunakan toilet umum, Pemimpin Korea Utara itu memiliki toilet pribadi yang mengikutinya kemanapun dia pergi. Alasannya? Untuk mencegah pihak-pihak lain mengambil info tentang Kim Jong un melalui tinja yang ditinggalkan,” ucap Lee Yun keol.

Melalui tinja bisa diteliti kondisi kesehatan orang tersebut. Untuk melindungi rahasia pemimpinnya, tim keamanan Korea Utara pun tak mau meninggalkan tinja di tempat-tempat yang dikunjungi sang pemimpin.

Menurut DailyNK, toilet portabel ini tak hanya dipakai saat Kim keluar negeri. Saat menginspeksi markas-markas militer atau pabrik-pabrik milik negara di dalam negeri, Kim juga didampingi mobil khusus untuk toilet dan kamar mandi.

Tokopedia
Kolom 5 hours ago

Efek Ekor Jas