Kemdikbud Kritik Ucapan Lebaran: yang Tepat Idulfitri, Bukan Idul Fitri

Umat Islam melaksanakan Salat Idul Fitri 1438 Hijriah di Bandung, Jawa Barat , Minggu (25/6 - 2017). (Bisnis / Dedi Gunawan)
14 Juni 2018 20:20 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Menjelang Idulfitri 1 Syawal 1439 H, ucapan selamat Lebaran bermunculan melalui berbagai media, baik media sosial maupun broadcast aplikasi pesan instan yang lebih tertutup. Namun banyak yang tak mengira ada kesalahan berantai yang dilakukan.

Hal itu ternyata membuat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) tergelitik. Akun Twitter resmi Kemendikbud, @Kemdikbud_RI, berkicau tentang penulisan "Idulfitri" yang benar sesuai Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Banyak orang yang menuliskan "Idul Fitri" yang sebenarnya tak sesuai KBBI.

"#SahabatDikbud, tahukah kamu penulisan yang tepat adalah "Idulfitri". Sesuai dengan KBBI V, kata Idulfitri ditulis disambung, tidak dipisah. #EjaanHariIni #CintaBahasaIndonesia," kicau admin @Kemdikbud_RI, Rabu (13/6/2018).

Ternyata banyak netizen yang mengakui menggunakan penulisan yang salah. Sejumlah netizen merespons kicauan @Kemdikbud_RI itu dengan gurauan.

"Ternyata selama ini aku salah telah memisahkan idul dan Fitri padahal mereka belum menjadi mantan," kicau @Masrukmana33, Kamis (14/6/2018). "Akhirnya #idulfitri dipertemukan, kita kapan?" kicau @mr_roofx.

Namun, ada juga yang masih membela diri dengan penulisan "Idul Fitri" ketimbang "Idulfitri". "Serasa lebih nikmat Idul Fitri, seperti halnya sate lebih nyess dibanding satai," kicau @sofyannashr.

Dalam situs KBBI online, yaitu kbbi.kemdikbud.go.id, kata itu bisa ditelusuri dengan mudah. Dalam KBBI, hanya ada kata idulfitri, seperti halnya iduladha dengan penulisan "idul" yang menyatu dengan "fitri" dan "adha". Makna idulfitri dalam KBBI adalah "hari raya umat Islam yang jatuh pada tanggal 1 Syawal setelah selesai menjalankan ibadah puasa selama bulan Ramadan".

Kemdikbud

Kolom 7 hours ago

Sungkem Orang Tua