Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 13 Juni 1964, Pertempuran Indonesia-Malaysia Pecah di Sarawak

Anggota Pasukan Pemberontak Rakyat Sarawak, Tentara Nasional Kalimantan Utara, dan Tentara Nasional Indonesia yang mendukung Indonesia pada Konfrontasi Indonesia/Malaysia. (Wikimedia.org)
13 Juni 2018 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO — Bermacam-macam peristiwa penting dan bersejarah terjadi dari tahun ke tahun pada 13 Juni. Pertempuran antara Indonesia dan Malaysia di Sarawak. adalah salah satu peristiwa yang terjadi pada 13 10 Juni.

Demi mengenangnya, Semarangpos.com merangkum berbagai macam peristiwa itu dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 13 Juni, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org.

313
Kaisar Romawi Konstantinus dan Valerius menandatangani Keputusan Milan di Kota Milan. Dalam perjanjian itu, sang kaisar menjamin kebebasan beragama bagi rakyat Romawi.

1917
Pasukan Jerman melancarkan serangan udara ke London, Inggris. Akibat serangan itu, 162 orang tewas dan 432 lainnya mengalami luka berat. Serangan tersebut merupakan serangan udara paling mematikan semasa Perang Dunia I .

1944
Pertempuran Villers-Bocage yang melibatkan pasukan Inggris dan Jerman meletus di Villers-Bocage, Prancis. Kedua pasukan menggunakan tank sebagai senjata utama dalam pertempuran tersebut. Inggris kehilangan 23 hingga 27 tank, sedangkan Jerman hanya kehilangan delapan hingga 15 tank.

1944
Jerman mulai menggunakan senjata terbarunya, V1 Flying Bomb, untuk menyerang Inggris. Dari 11 bom yang diluncurkan, hanya empat yang tepat sasaran.

1964
Pertempuran besar antara gerilyawan Indonesia dan pasukan Malaysia meletus di Sarawak, wilayah yang kini menjadi milik Malaysia. Peristiwa itu terjadi di masa Konfrontasi Indonesia–Malaysia yang berlangsung sejak 1962 hingga 1966.

1967
Uni Soviet meminta Dewan Keamanan PBB segera menemukan solusi untuk menghentikan konflik yang melibatkan Israel dan negara-negara Arab. Pihak Uni Soviet mengecam Israel yang masih menempatkan pasukannya di beberapa negara Arab setelah Perang Enam Hari selesai. Uni Soviet juga meminta Israel untuk segera menarik kembali pasukannya.

1983
Pesawat luar angkasa Pioneer 10 menjadi objek pertama buatan manusia yang sanggup meninggalkan tata surya setelah dilincurkan sejak 2 Maret 1972. Pioneer 10 meninggalkan tata surya setelah melintasi orbit Neptunus.

1986
Keisuke Honda lahir Settsu, Osaka, Jepang. Kini, ia dikenal sebagai pemain sepak bola yang membela dua klub besar di Eropa, yakni CSKA Moscow pada 2009 sampai 2014 dan AC Milan sejak 2014 sampai 2017. Setelah hengkang dari AC Milan pada 2017, Honda membela salah satu klub di Meksiko, Pachuca.

2000
Presiden Korea Selatan (Korsel) Kim Dae-jung berkunjung ke ibu kota Korea Utara (Korut), Pyongyang. Kunjungan presiden Korsel ke Korut itu dalam rangka menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) antar-Korea. Pemimpin Korut Kim Jong-il juga hadir dalam konferensi yang kali pertama digelar kedua negara itu.

2009
Mahmoud Ahmadinejad kembali terpilih sebagai presiden Iran untuk kali kedua. Banyak yang menduga kemenangan Ahmadinejad dibumbui dengan kecurangan. Bentrokan pun pecah di beberapa wilayah di Iran setelah pengumuman hasil pemilihan presiden. Ahmadinejad terpilih kembali sebagai presiden Iran dengan meraih suara 62.6%.