Tunggangannya Fortuner, Pemudik Ini Lempar Sampah Sembarangan di Rest Area

Mobil pemudik parkir di rest area tol fungsional, Penarukan, Tegal, Sabtu (9/6 - 2018). (Antara / Oky Lukmansyah)
11 Juni 2018 20:42 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ada saja ulah pengendara di jalan raya, termasuk di musim mudik. Direktur Pengelolaan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Novrizal Tahar sampai menegur seorang pemudik yang mengemudikan mobil mewah karena membuang sampah sembarangan di rest area jalan Tol Jakarta-Cikampek.

Dalam kampanye sampah di rest area kilo meter 57 jalan Tol Jakarta-Cikampek, Senin (11/6/2018), Tahar menyatakan kalau pemudik dengan menggunakan mobil mewah bukan jaminan bisa membuang sampah pada tempatnya. Hal itu pun terbukti ketika Novrizal Tahar beberapa kali menegur para pemudik dengan mobil mewah membuang sampah sembarangan di rest area KM 57.

Saat berkeliling rest area, Tahar secara tak sengaja memergoki seorang pemudik menggunakan mobil Fortuner. Pengemudi itu hanya membuka kaca mobilnya dan membuang sampah plastik ke luar. Melihat ulah pengemudi itu, Tahar langsung berlari dan menegur pengemudi Fortuner itu.

Pada kesempatan tersebut, Tahar juga melakukan pengecekan volume sampah di tempat pembuangan sampah sementara rest area KM 57. Kebanyakan sampah terdiri atas botol kemasan air mineral dan bungkus mi instan.

Ia mengimbau pengelola kawasan untuk melakukan sosialisasi kepada pemudik dengan 10 menit sekali mengimbau "Mudik asyik tanpa sampah plastik". "Pengelola rest area ini harus sering-sering melakukan sosialisasi juga. Mereka punya pengeras suara. Selain itu harus ada penambahan tong sampah," kata dia.

Manager rest area KM 57, Elon Dahlan, menyatakan setiap hari terjadi penambahan volume sampah hingga dua kali lipat selama musim mudik Lebaran. Dari volume sampah normal 6 kubik yang diangkut setiap hari, meningkat hingga 8-12 kubik sampah selama musim mudik Lebaran.

"Kami terus menambah tempat sampah hingga mencapai 70 titik. Selain itu kami juga menambah cleaning service hingga tiga kali sift kerja," kata dia.

Sumber : Antara