Tarif Promo KA Sleeper Rp900.000, Kemahalan?

Menristekdikti Mohamad Nasir menikmati kereta sleeper seat produksi PT Inka, Jumat (8/6 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
11 Juni 2018 19:10 WIB Dewi Aminatuz Zuhriyah Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- PT Kereta Api Indonesia (Persero) resmi mengoperasikan kereta luxury jenis sleeper pada mudik lebaran 2018 ini dengan tarif promo senilai Rp900.000. Melihat besaran tarif promo tersebut, Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Aditya Dwi Laksana menuturkan Rp900.000 masih cukup wajar.

"Kalau menurut saya rasa masih wajar Mbak. Karena kereta kelas priority [kelas di atas eksekutif] ke Surabaya dan Jogja pun tarifnya juga sudah Rp900.000 dan Rp700.000-an dan itu terserap pasar," kata Aditya kepada Bisnis/JIBI, Senin (11/6/2018).

Menurutnya, tarif kereta sleeper, diluar harga promo, yang bisa mencapai Rp1 juta bahkan lebih masih akan laku di pasar. "Setahu saya harga normal bisa di atas Rp1 juta. Kalau saya lihat, KA masih memiliki segmen tersendiri untuk pengguna yang memang memerlukan kenyamanan dan tidak ada kebutuhan mengejar waktu."

Lebih lanjut, respons pasar terkait peluncuran KA sleeper ini tidak bisa dinilai terlalu cepat. Pasalnya, peluncuran kereta mewah ini dilakukan pada masa musim Lebaran yang memang kebutuhannya tinggi.

"Mungkin perlu dilihat dulu respons pasar selama masa promosi ini meski belum tentu mencerminkan kebutuhan pasar secara normal karena memang diluncurkan di masa angkutan lebaran yang memang kebutuhannya tinggi."

Sebelumnya, Direktur Utama PT KAI, Edi Sukmoro mengatakan kereta ini akan memulai melayani pengguna jasa KA pada 12 Juni 2018 di rangkaian KA Argo Anggrek relasi Stasiun Gambir - Stasiun Surabaya Pasarturi (PP).

“Ini merupakan salah satu bentuk inovasi dari PT KAI untuk meningkatkan layanan. Dengan adanya layanan luxury class ini, masyarakat memiliki lebih banyak pilihan kelas perjalanan sesuai dengan tarif dan pelayanannya,” ujar Edi Sukmoro.

Sebagai informasi, harga tiket untuk layanan ekslusif terbaru ini dibanderol sebesar Rp900.000 yang merupakan harga promo dan berlaku selama sebulan. Masyarakat dapat melakukan pemesanan tiket via berbagai channel pemesanan tiket KAI mulai 11 Juni 2018.

Dalam kereta ini, masyarakat dapat menikmati layanan eksklusif serupa kelas bisnis di pesawat selama perjalanannya. Mulai dari kursi yang dapat direbahkan 170 derajat secara elektrik, sandaran kaki elektrik, private entertainment berupa TV 12 inchi dengan headset, USB charging power source, foldable food tray, bantal dan selimut, tempat sampah, kaca, cup holder, kompartemen untuk menyimpan alas kaki, majalah, dan coat hanger yang semuanya tersedia privat per penumpang per kursi.

Selain itu, pengguna jasa layanan kelas luxury jenis sleeper ini juga akan mendapat layanan makan, minum, snack secara gratis. Dalam satu kereta sleeper, hanya akan terdiri dari 18 orang penumpang sehingga lebih nyaman.