Gagal Buktikan Isu Grace Natalie - Ahok, Akun Hulk Berubah & Diberi Foto Ongen

Ilustrasi akun anonim. (Solopos/Whisnu Paksa)
10 Juni 2018 20:54 WIB Adib Muttaqin Asfar Nasional Share :

Solopos.com, SOLO -- Tuduhan perselingkuhan antara Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Grace Natalie dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) berakhir antiklimaks. Akun @hulk_idn yang gencar mengumbar isu tersebut pekan lalu tak juga menunjukkan video yang sebelumnya diklaim sebagai bukti kebenaran isu itu.

Tak hanya itu, akun tersebut kini sudah berubah total. Setelah gagal memenuhi "deadline" Grace Natalie untuk merilis video yang dimaksud, nama (username) akun Hulk diklaim telah diambil alih oleh pemilik akun @kakekgaulbijak.

"Username ini diamankan oleh @KakekGaulBijak dan akan dihapus setelah pemilik sebelumnya ditangkap oleh polisi #LawanFitnah," demikian keterangan yang tertulis di bio akun @hulk_idn yang baru.

Nama Hulk pun kini berubah menjadi Hulk Kitty dan gambar avatar yang semula raksasa hijau kini berganti wajah Yulianus Paonganan alias Ongen. Jika ditelusuri, akun ini memang akun yang berbeda dengan akun Hulk sebelumnya. Data di situs Socialbearing menunjukkan akun baru ini dibuat pada 26 April 2018. Followersnya juga hanya 340 akun.

Sedangkan akun Hulk lama dibuat pada 30 Desember 2017 dan hingga Kamis (7/8/2018) malam memiliki 47.708 followers. Saat itu, akun yang kerap menggunakan frase "infovalid" tersebut telah berkicau sebanyak 886 kali. Frekuensi kicauannya mencapai 5,61 tweet perhari. Kini, akun tersebut sudah tak bisa ditemukan di Twitter.

Lalu mengapa ada gambar Ongen di akun itu? Tak ada keterangan pasti. Namun sebelumnya, akun Yunarto Wijaya, @yunartowijaya, berkicau tentang Ongen. "Ongen ditangkep lagi? biasanya andi arief cs ngebelain? bicara atas nama demokrasi... :)," kicaunya, Sabtu (9/6/2018).

Namun, hal itu dibantah oleh akun Andi Arief. Melalui akun Twitter @AndiArief, dia juga menyatakan Ongen bukan sosok di belakang akun Hulk. "Baru aja Ongen telepon akan laporkan ke polisi," kicau @AndiArief.

Dia juga menyertakan screenshoot pesan instan bertuliskan "bro sy dpt info anda twit kalau sy ditangkap. Sebaiknya klarifikasi sebelum sy ambil tindakan hukum.Maaf ya sy tdk ada urusan dgn sosmed skr..! (Ongen)"

Tak lama kemudian, akun Andi Arief kembali berkicau. "Hulk bukanlah ongen, ini salah satu bukti yg menjawab fitnah2 ke ongen. Saat Ongen di pesawat akun hulk mentweet," kicaunya dengan mengunggah screenshoot laman aplikasi pemesanan tiket pesawat.

Sementara itu, isu perselingkuhan yang disebarkan oleh akun Hulk kini lenyap dengan sendirinya setelah akun itu gagal memenuhi tantangan Grace Natalie. "Namanya jg fitnah mana ada bukti smp kiamat. Yg setuju akun @Hulk_idn dan akun produsen fitnah lain di RAS & admin ditangkap tolong RT," kicau Grace Natalie di akun @grace_nat, Sabtu.

Sebelumnya, melalui video pendek berdurasi 1 menit, Grace menantang akun Hulk untuk menunjukkan video yang katanya menjadi bukti perselingkuhan dirinya dengan Ahok. Sebelumnya, akun Hulk mengumbar klaim memiliki video panas Grace dan Ahok.

"Halo bro dan sis. Beberapa hari terakhir, akun Hulk gencar menyebarkan isu bahwa saya memiliki hubungan asmara dengan Pak Ahok. Bahkan dia mengklaim memiliki video panas hubungan asusila saya dengan Pak Ahok," kata Grace melalui pesan di video itu.

"Daripada kita terus berpolemik bahwa video ini ada atau tidak, isunya benar atau tidak, saya ingin menantang Hulk, untuk merilis video tersebut dalam waktu 1x24 jam terhitung mulai sekarang," sambung Grace.

Jika Hulk tidak juga menunjukkan video yang diklaim itu, kata Grace, berarti cuitan dan tuduhan perselingkuhan itu hanya imajinasi. Selain itu, Grace juga mengajak netizen untuk mengganti gambar avatar akun Hulk yang selama ini berupa raksasa hijau.