Ingin Nyapres Seperti Mahathir, Amien Rais Tantang Jokowi Duel di Pilpres 2019

Zulkifli Hasan (kedua kanan) mengangkat tangan bersama Taufik Kurniawan (kanan), Fahri Hamzah, dan Amien Rais dalam peringatan 20 tahun reformasi di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (21/5 - 2018). (Antara / Akbar Nugroho Gumay)
10 Juni 2018 15:13 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais mengklaim dirinya sebagai pemimpin dalam gerakan Ganti Presiden 2019. Amien juga mengajak Presiden Joko Widodo (Jokowi) duel secara terhormat dalam Pilpres 2019 sekaligus mengisyaratkan dirinya maju sebagai calon presiden (capres).

Bahkan, sebagai bukti keseriusannya, Amien menunjukkan kaus bertuliskan ”#Gantipresiden2019” di balik jas biru PAN yang dipakainya di depan puluhan wartawan, saat mengikuti cara buka puasa bersama Ketua Umum Pan Zulkifli Hasan, di rumah dinas MPR, Jalan Widya Chandra Nomor 16, Jakarta Selatan, Sabtu (9/6/2018) malam.

"Pasti itu pasti, tak usah dikatakan, Pak Amien tidak mengharapkan Jokowi lagi wong pasti, wong saya itu salah satu pemimpin pengganti presiden, jelas sekali itu," kata Amien, dilansir Suara.com.

Amien mengakui ucapannya tersebut sudah disampaikan saat menyapa para warga kampung Aquarium, yang pernah terkena dampak penggusuran. Karena itu, Amien menantang Jokowi duel secara sehat. Amien nantinya berjanji menerima siapa pun pemenang dalam pertarungan Pilpres 2019.

"Saya tantang Pak Jokowi, mari kita duel secara gentle, ya, jadi Anda kerahkan kemampuan untuk dapatkan suara paling banyak supaya menang, juga berikanlah kesempatan yang sama, ini namanya demokrasi," ujar Amien.

Di sinilah Amien Rais mengisyaratkan akan maju menjadi calon presiden 2019. Menurut Amien, PAN dalam rapat kerja Nasional nantinya akan mengusung empat calon presiden dari partainya untuk ditawarkan ke partai koalisi.

Tiga dari keempat tokoh itu ialah Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, mantan Sekjen PAN Sutrisno Bachir, dan mantan Ketua Umum PAN Hatta Radjasa. Lalu siapa yang keempat?

"Dan Mbah Amien Rais ini, walaupun tua juga tak apa-apa. Begitu Mahathir Mohamad [PM Malaysia] jadi, saya jadi remaja lagi. Saya juga sedikit agak layak (maju capres 2019). [meski] sudah agak kuno," kata Amien.

Amien menyebut Perdana Menteri Malaysia Mahathir Muhammad menjadi sosok perubahan visi maupun pola pikir bagi masyarakat, sehingga membuat Amien berhasrat untuk maju menjadi Calon Presiden 2019. Mahathir baru kembali terpilih menjadi PM Malaysia dalam usianya yang ke-92 tahun. "Mahatir itu jadi semacam perubahan visi orang di asia tenggara ini. Jadi saya berterima kasih kepada Mahathir ya," ujar Amien

Namun, Amien menyerahkan semua keputusan kepada rakyat untuk memilih tokoh untuk melawan petahana Presiden Jokowi pada Pilpres 2019. "Ya, biarkanlah nanti rakyat yang membuat penilaian. Kami dekat dengan Partai Gerindra dengan PKS. Bahkan Partai Demokrat memperkuat kami, itu lebih bagus lagi," kata Amien.

Sumber : Suara.com