Catatan Peristiwa Dunia Hari Ini: 9 Juni 747, Pemberontakan Abbasiyah di Irak-Iran Dimulai

Wilayah kekuasaan Kekhalifahan Abbasiyah (hijau) pada masa kejayaannya, 850 Masehi. (Wikimedia.org)
09 Juni 2018 00:50 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Semarangpos.com, SOLO - Beragam peristiwa penting dan bersejarah terjadi di berbagai penjuru dunia dari tahun ke tahun pada 9 Juni. Salah satu peristiwa yang terjadi pada 9 Juni adalah dimulainya Pemberontakan Abbasiyah yang ingin meruntuhkan Kekhalifahan Umayyah di Irak-Iran.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Semarangpos.com merangkum beragam peristiwa tersebut dalam catatan peristiwa dunia hari ini, 9 Juni.

68
Kaisar Romawi, Nero, bunuh diri setelah melarikan diri karena pemberontakan yang semakin tak terbendung. Pemberontakan militer yang dipimpin Galba ingin menangkap Nero dan memberinya hukuman mati. Karena itulah Nero lebih memilih melarikan diri dan bunuh diri. Tewasnya Nero itu menjadi akhir dari kekuasaan Dinasti Julio-Claudian di Kekaisaran Romawi.

747
Abu Muslim Khorasani bersama pengikutnya memulai pemberontakan terbuka melawan pemerintahan Kekhalifahan Umayyah di kawsasan Irak dan Iran. Peristiwa itu kemudian menjadi awal Revolusi Abbasiyah. Dalam revolusi tersebut, para pemberontak menginginkan sistem pemerintahan yang baru dan menghilangkan diskriminasi terhadap orang-orang non-Arab semasa pemerintahan Kekhalifahan Umayyah. Kekhalifahan Umayyah pada akhirnya runtuh dan digantikan Kekhalifahan Abbasiyah.

1667
Angkatan Laut Belanda mulai menyerang Angkatan Laut Inggris di dekat Chatham, Inggris dimulai. Salah satu serangan dalam Perang Inggris-Belanda II itu berhasil dimenangi Belanda. Peristiwa yang dikenal dengan istilah Serangan Medway itu berlangsung selama lima hari dan memicu kekalahan terbesar yang dialami Inggris semasa Perang Inggris-Belanda II.

1946
Menyusul kematian Raja Ananda Mahidol, Bhumibol Adulyadej naik takhta sebagai raja Thailand. Bhumibol Adulyadej kemudian memimpin Kerajaan Thailand hingga akhir hayatnya pada 2016 lalu. Bhumibol Adulyadej adalah pemegang takhta monarki terlama di dunia dengan masa lebih dari 70 tahun.

1944
Pasukan Jerman membantai warga sipil di Tulle, Correze, Limousin, Prancis sebagai balasan atas serangan yang dilakukan kelompok pemberontak di Prancis. Peristiwa yang disebut Pembantaian Tulle itu menewaskan 213 warga sipil dan 99 di antaranya digantung di tiang lampu di kawasan Tulle.

1963
John Christopher Depp II lahir di Owensboro, Kentucky, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai aktor ternama dengan nama panggung Johnny Depp. Perannya yang paling melekat di benak penikmat film adalah saat dirinya menjadi Jack Sparrow, tokoh utama dalam film Pirates of Carribean.

1964
Badan intelijen Amerika Serikat (AS), CIA, menyangkal Teori Domino yang menyatakan negara-negara di Asia Tenggara akan jatuh ke tangan komunis setelah jatuhnya Vietnam Selatan. CIA menyatakan negara di Asia Tenggara yang akan jatuh ke tangan komunis setelah Vietnam Selatan hanya Kamboja.

1978
Miroslav Josef Klose lahir di Opole, Polandia. Ia lantas dikenal sebagai pemain sepak bola ternama yang pernah bermain untuk klub raksasa di Jerman, Bayern Munchen. Karena memiliki kewarganegaraan Jerman, Klose membela Tim Nasional Jerman dari 2001 hingga 2014. Selama kariernya di tim nasional, Klose sudah bermain sebanyak 137 kali dan mencetak 71 gol.

1993
Sebanyak 350 orang di penampungan pengungsi perang di dekat Kota Monrovia, Liberia tewas dibantai. Hingga kini, otoritas setempat belum mampu mengungkap dalang di balik pembantaian tersebut.

2011
Pemerintah Rusia menghentikan separuh pasokan listrik ke Belarusia karena utang yang belum dilunasi. Pemerintah Belarusia mengaku masih memiliki utang kepada Rusia senilai US$54 juta. Pemerintah Belarusia juga menyatakan monopoli listrik yang dilakukan Rusia membuat Belarusia tak bisa lepas dari utang.